Pria

Sering Mengetik di Ponsel, Kanye West Harus Menyuntikkan Steroid ke Tangan

Steroid ini fungsinya untuk mengatasi rasa sakit di tangannya.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Keluarga Kim Kardashian-Kanye West - (Instagram/@kimkardashian)
Keluarga Kim Kardashian-Kanye West - (Instagram/@kimkardashian)

Himedik.com - Kanye West sempat mencuit bahwa ia menyuntikkan steorid di tangannya yang sakit akibat terlalu banyak mengetik di ponsel pada Selasa (8/9/2020). Tetapi cuitan tersebut sudah dihapus.

Cuitan tersebut berisi pertemuan West dengan dokternya. Ia juga mengunggah video saat dokter sedang menyuntiknya.

"Cortisone bercampur dengan sedikit tetesan lidocaine," bunyi penggalan cuitan suami Kim Kardarshian ini.

Cortisone atau kortison merupakan steroid yang disuntikkan di dekat sendi siku, lutut, punggung, serta tangan. Setelah disuntikkan kortison, dapat mengurangi peradangan dan nyeri, menurut Mayo Clinic.

Dilansir dari Insider, obat ini umum dikonsumsi oleh penderita rheumatoid arthritis.

Kanye West (kanyewestt_official/instagram).
Kanye West (kanyewestt_official/instagram).

Sedangkan lidocaine adalah anestesi, atau agen mati rasa, yang sering dikombinasikan dengan steroid untuk meredakan nyeri sendi.

Dua hingga tujuh hari kemudian, steroid akan bekerja dengan menghilangkan rasa sakit selama berhati-hari hingga berbulan-bulan.

Terlalu sering mengetik di ponsel atau komputer dapat membuat sendi tangan stres

Meskipun West tidak menceritakan kondisi pasti yang menyebabkan nyeri persendiannya, memang benar bahwa mengirim pesan atau mengetik terlalu sering dapat menyebakan rasa sakit di persendian tangan, terutama jari.

Seperti yang ditulis oleh ahli bedah ortopedi Dr. Peter J. Evans di Cleveland Clinic, penggunaan ponsel yang berlebihan dapat menyebabkan cedera mikro pada otot dan tendon tangan, terutama di area ibu jari.

Dr. Eugene Tsai, ahli bedah tangan di Cedars-Sinai, juga mengatakan bahwa terlalu banyak mengetik di komputer dapat menyebabkan nyeri pada jari kelingking dan pergelangan tangan.

Ilustrasi Vaksin. (Pixabay/PhotoLizM)
Ilustrasi suntikan steroid (Pixabay/PhotoLizM)

Karena itu, mereka menyarankan untuk menggunakan jari telunjuk saat mengetik, atau menggunakan fitur voice note agar ibu jari beristirahat sebentar.

Cara terbaik untuk mengobati jenis cedera ini adalah dengan membiarkan tendon dan sendi yang tertekan beristirahat, tetapi terkadang suntikan diperlukan jika rasa sakit terus berlanjut, seperti dalam kasus West, kata Tsai.

Jika suntikan steroid sudah tidak lagi efektif untuk menghilangkan rasa sakit, pembedahan mungkin diperlukan.

Berita Terkait

Berita Terkini