Pria

Bill Gates Yakin Hampir Semua Kandidat Vaksin Covid-19 Efektif

Menurutnya, semua vaksin akan tersedia pada Februari mendatang.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Bill Gates. (Instagram/thisisbillgates)
Bill Gates. (Instagram/thisisbillgates)

Himedik.com - Bill Gates yakin hampir semua kandidat vaksin Covid-19 akan efektif dan manjur. Bahkan, kandidat vaksin yang saat ini masih dalam tahap uji klinis.

Mengingat vaksin dari Pfizer dan Moderna terbukti efektif dalam data perusahaan, lelaki 65 tahun itu berharap vaksin dari AstraZeneca, Johnson & Johnson, dan Novavax juga mendapat hasil yang sama.

"Saya optimis pada Februari, sangat mungkin vaksin itu terbukti sangat manjur dan aman," kata pemberi dana vaksin terbesar di dunia itu melalui yayasannya, dilansir dari CNN.

Selain itu, Gates juga memperkirakan akan ada peningkatan jumlah kasus setiap hari selama musim dingin ini.

"Kenaikan (kasus) itu akan terus berlanjut hingga Februari. Dan di situlah kemungkinan besar mendapat lebih dari dua ribu kematian per hari selama periode musim dingin," sambungnya.

Mantan CEO Microsoft, Bill Gates. [Instagram/@thisisbillgates]
Mantan CEO Microsoft, Bill Gates. [Instagram/@thisisbillgates]

Dia juga merekomendasikan agar masyarakat tetap memakai masker dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Usahakan agar keluarga Anda tidak menjadi korban terakhir dalam pandemi ini hingga musim semi, saat vaksin akan benar-benar mulai mengurangi jumlahnya (kasus). Dan, tentu saja, perubahan cuaca akan membantu kita juga," imbuhnya.

Menurutnya, mendapatkan vaksin yang efektif untuk masyarakat dan membuat mayoritas orang mendapatkannya akan menjadi tantangan tersendiri.

"Saya pikir akan ada cukup banyak orang yang terjun lebih awal (dalam mendapatkan vaksin), sehingga orang-orang akan melihat lebih banyak bukti keamanan, dan seiring waktu, kita akan mencapai tingkat (vaksinasi) lebih dari 70% yang kita butuhkan untuk menghentikan penyebaran virus," tandas Gates.

Berita Terkait

Berita Terkini