Pria

Dukung Libido hingga Mood, Begini 6 Cara Tingkatkan Hormon Testosteron

Setidaknya ada enam cara alami yang bisa meningkatkan kadar hormon testosteron.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi Pria (Pexels/Quaz Amir)
Ilustrasi Pria (Pexels/Quaz Amir)

Himedik.com - Banyak pria yang mengalami kekurangan kadar testosteron, setidaknya 40 persen pria berusia 45 tahun ke atas memiliki kadar hormon testosteron rendah. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala seperti masalah suasana hati, energi, dorongan seks yang rendah, disfungsi ereksi, hingga infertilitas.

"Meningkatkan testosteron dapat meningkatkan suasana hati dan energi Anda, meningkatkan libido, dan membantu massa otot dan kepadatan tulang," kata Kevin Codorniz, MD, kepala endokrinologi untuk Loma Linda University Health kepada Insider.

Melansir dari Insider, berikut beberapa cara alami meningkatkan produksi hormon testosteron, antara lain:

1. Olahraga secara Teratur

Berolahraga bermanfaat untuk meningkatkan kadar testosteron secara alami. Sebuah studi kecil tahun 2016 menunjukkan bahwa pada pria yang kelebihan berat badan, peningkatan aktivitas fisik melalui latihan senam aerobik efektif meningkatkan kadar hormon testosteron.

Selain itu, sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa pria yang aktif secara fisik memiliki tingkat testosteron yang lebih tinggi daripada pria yang tidak banyak bergerak.

2. Cukup Vitamin D

Ketika kadar vitamin D rendah, kadar testosteron juga sering kali rendah. Mary Samplaski, MD, ahli urologi dengan Keck Medicine of USC mengatakan bahwa vitamin D dapat bertindak sebagai blok bangunan untuk testosteron.

Vitamin D (Pixabay/stevepb)
Vitamin D (Pixabay/stevepb)

3. Konsumsi Lemak Sehat

Dalam sebuah studi kecil tahun 2013, peserta diberi minyak argan murni atau minyak zaitun murni. Setelah tiga minggu mengonsumsi lemak sehat ini, kadar testosteron meningkat secara signifikan pada kedua kelompok.

Ada peningkatan 19,9 persen pada mereka yang mengonsumsi minyak argan murni dan peningkatan 17,4 persen pada mereka yang mengonsumsi minyak zaitun murni.

4. Kurangi Alkohol

Codorniz dan Samplaski sama-sama mengatakan bahwa meminum alkohol secara berlebihan dapat menurunkan testosteron. Ulasan 2019 tentang penyalahgunaan zat dan testosteron menyoroti penelitian sebelumnya di mana kadar testosteron turun 30 menit setelah mengonsumsi alkohol.

5. Tidur Cukup

Codorniz mengatakan bahwa kurang tidur, terutama kurang tidur setidaknya kurang dari lima jam dapat menurunkan konsentrasi hormon testosteron. Sebuah studi kecil tahun 2015 menunjukkan bahwa pria yang tidur selama lima jam memiliki kadar testosteron 10 persen hingga 15 persen lebih rendah dibandingkan ketika mereka tidur selama delapan jam atau lebih.

Dukung Libido hingga Mood, Begini 6 Cara Tingkatkan Hormon Testosteron - 2

6. Mengurangi Stres

Stres psikologis kronis menyebabkan tingkat hormon kortisol yang lebih tinggi. Kortisol dan testosteron memiliki hubungan terbalik di mana saat kortisol naik, maka hormon testosteron turun. Oleh karena itu, sangat penting untuk meminimalkan stres jika Anda ingin meningkatkan kadar testosteron.

Berita Terkait

Berita Terkini