Pria

Meningkatkan Kebugaran Seksual, Pria Perlu Perbanyak Asupan Berikut

Untuk meningkatkan kebugaran seksual, beberapa makanan berikut perlu dikonsumsi secara rutin oleh para pria.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi pria berjenggot. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi pria berjenggot. (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Kesehatan seksual pria bisa dipengaruhi oleh berbagai aspek, mulai dari gaya hidup sampai pola makan tertentu. Dalam hal ini, alkohol berlebih, stres, merokok, dan terlalu sedikit tidur dapat memengaruhi seberapa baik fungsi penis pria. 

"Kami tahu bahwa tubuh yang sehat menghasilkan tubuh reproduksi yang sehat," kata Paul Turek, MD, ahli urologi kesuburan di California sepert yang dikutip dari Health.

Melansir dari Health, masalah makanan tidak hanya berpengaruh pada kemampuan penis untuk ereksi dan mempertahankan ereksi saat berhubungan seks.

Jumlah sperma, dorongan seks, bahkan risiko kanker prostat juga dipengaruhi oleh makanan. Oleh karena itu, berikut beberapa makanan yang meningkatkan kesehatan seksual pria, antara lain:

1. Minyak zaitun

Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)

Anda pasti pernah mendengar tentang manfaat minyak zaitun untuk kesehatan jantung. Tetapi sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa manfaat tersebut juga berlaku untuk kebugaran seksual pria.

Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Athena di Yunani menemukan bahwa pria yang mengganti mentega dengan minyak zaitun saat mengikuti diet Mediterania mengalami peningkatan serius dalam kesehatan seksual mereka. Faktanya, para ilmuwan mengatakan minyak zaitun mungkin lebih baik daripada Viagra dalam hal memerangi disfungsi ereksi.

“Sebagai lemak tak jenuh ganda, minyak zaitun memiliki efek perlindungan jantung,” jelas Dr. Turek.

“Kami tidak tahu mekanisme pastinya, tapi itu bagus untuk pembuluh darah di jantung dan penis,” imbuhnya.

2. Tiram

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Tiram kaya akan zinc yang mendukung ereksi. "Zinc juga merupakan blok pembangun yang diperlukan untuk testosteron, jadi dengan cara ini, ia mendukung produksi libido dan sperma," ujar Turek.

"Tiram mengandung lebih banyak zinc per porsi daripada makanan lainnya," kata ahli gizi yang berbasis di Washington, Kristin Koskinen, RD.

3. Ikan salmon

Ikan salmon beku. [Shutterbug75/Pixabay]
Ikan salmon beku. [Shutterbug75/Pixabay]

Ikan salmon adalah salah satu makanan padat nutrisi dan sangat kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk Anda. Satu studi terbaru menemukan bahwa sifat antioksidan dan anti-inflamasi asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah disfungsi veno-oklusif kopral (CVOD).

Dosis besar asam lemak mega-3 paket salmon, seperti halnya ikan berlemak lainnya seperti mackerel dan sarden. Jika pasangan Anda bukan penggemar toko ikan, sumber lain termasuk sayuran berdaun hijau gelap, kenari, dan biji rami, tambah Koskinen.

4. Tomat

Ilustrasi sepiring tomat (Shutterstock)
Ilustrasi sepiring tomat (Shutterstock)

Tomat mendapatkan warna merah yang kaya dari antioksidan yang disebut likopen. Antioksidan adalah senjata utama yang digunakan tubuh Anda untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

"Lycopene adalah salah satu antioksidan alami yang paling kuat," kata Dr. Turek.

"Diperkirakan bahwa oksidan mendasari sebagian besar infertilitas pria dan kanker prostat, dan kami tahu bahwa antioksidan baik untuk pembuluh darah di jantung dan penis," imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini