Pria

Anang Hermansyah Operasi Batu Ginjal, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Anang Hermansyah menderita batu ginjal dan baru-baru ini melakukan operasi.

Shevinna Putti Anggraeni

Anang Hermansyah [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]
Anang Hermansyah [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Himedik.com - Anang Hermansyah baru saja menjalani operasi batu ginjal. Anang didiagnosis menderita batu ginjal belum lama ini.

"Dia kayak suka nyeri, ternyata nyeri karena saluran kencingnya tersumbat," kata Ashanty dikutip dari kanal KH Infotainment, Rabu (23/6/2021).

Ashanty juga berkata seharusnya Anang menjalani operasi pengangkatan batu ginjal pada Maret 2021 lalu. Anang harus melepas selang yang pernah dipasang saat operasi setelah pulang dari Dubai belum lama ini.

Tapi, mereka menundanya karena berbagai alasan sampai akhirnya Anang mengalami kencing darah. Anang pun langsung dilarikan ke rumah sakit dan menjalani tindakan operasi pengambilan batu ginjal.

"Kalau angkat selang doang 15 menit, eh ternyata ada batu lagi yang menyumbat saluran kencing, jadi ada pembengkakan makanya keluar darah. Jadi 3 jam lah dikerjain," ujar Ashanty

Potret Anang Hermansyah dirawat di rumah sakit. (YouTube/The Hermansyah A6)
Potret Anang Hermansyah dirawat di rumah sakit. (YouTube/The Hermansyah A6)

Batu ginjal adalah endapan keras dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Umumnya dilansir dari Hellosehat, batu ginjal menyerang orang usia di atas 40 tahun dan kebanyakan pria.

Tapi, bukan berati wanita dan orang di bawah usia 40 tahun terbebas dari batu ginjal. Orang dalam kelompok ini masih bisa menderita batu ginjal karena berbagai faktor, termasuk keturunan.

Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal bisa terbentuk ketika urine mengandung terlalu banyak bahan kimia, seperti kalsium, asam urat, sistin atau strutive yang mempercepat pembentukan batu. Adapun beberapa jenis batu ginjal beserta penyebabnya,

1. Faktor genetik

Batu sistin merupakan hasil dari kelainan genetik yang diturunkan dari orangtua ke anak. Kelainan ini menyebabkan sistin bocor melalui ginjal dan ke dalam urine.

2. Infeksi ginjal

Batu struvite di ginjal juga bisa terbentuk setelah Anda mengalami infeksi ginjal atau pielonefritis.

3. Asam urat

Batu asam urat juga bisa terbentuk ketika urine mengandung terlalu banyak asam. Orang yang makan banyak daging, ikan dan kerang mungkin akan lebih berisiko terkena batu asam urat.

4. Kalsium

Kencing batu sering disebabkan oleh batu ginjal yang mengandung terlalu banyak kalsium. Karena, kalsium tidak digunakan oleh tulang dan otot sehingga lari ke ginjal.

Pada kebanyakan orang, ginjal mengeluarkan kelebihan kalsium ini bersamaan dengan sisa urine. Orang yang memiliki batu kalsium menyimpan kalsium dalam ginjalnya. Akhirnya, kalsium ini bercampur dengan limbah lain di ginjal dan membentuk batu.

Ilustrasi batu ginjal. [Shutterstock]
Ilustrasi batu ginjal. [Shutterstock]

Gejala Batu Ginjal

Salah satu gejala batu ginjal yang paling sering terjadi adalah rasa sakit luar biasa. Tapi, gejala ini jarang terjadi sehingga orang sulit mendeteksi batu ginjal sendiri. Berikut ini, gejala lain batu ginjal yang lebih umum:

  1. Nyeri di bagian samping, belakang dan bawah tulang rusuk
  2. Nyeri perut bagian bawah dan selangkangan
  3. Sensasi terbakar dan rasa sakit setelah buang air kecil
  4. Kencing darah
  5. Mual dan muntah-muntah
  6. Demam dan kedinginan bila terjadi infeksi

Berita Terkait

Berita Terkini