Pria

Demi Anak, Ini 6 Kebiasaan Sehat yang Perlu Diterapkan Calon Ayah

Penerapan kebiasaan sehat para calon ayah sangat memengaruhi kualitas sperma.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi ayah dan anak (Unplash/Tina Bo)
Ilustrasi ayah dan anak (Unplash/Tina Bo)

Himedik.com - Baik pria maupun wanita, perlu lebih memperhatikan kesehatan saat menjalani program kehamilan. Sebab penerapan kebiasaan sehat bagi para calon ayah sangat memengaruhi kualitas sperma.

Sehingga, peluang pembuahan semakin baik dan berdampak pula pada kesehatan masa depan bayi.

Untuk itu, pria yang berencana memiliki anak dengan pasangan perlu berusaha meningkatkan kesehatan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Jadi, apa saja kebiasaan sehat yang perlu dilakukan pria yang mau menjadi calon ayah? Berikut dirangkum dari Independent.

1. Kurangi konsumsi alkohol

Sebab minum terlalu banyak minuman keras dapat menyebabkan kualitas dan kuantitas sperma yang rendah, serta penurunan kadar testosteron dan bahkan hilangnya minat pada seks.

Ilustrasi Ayah dan Anak. (Pixabay)
Ilustrasi Ayah dan Anak. (Pixabay)

2. Mengurangi asupan kafein

Bukti menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi terlalu banyak kafein saat menjalani program hamil dapat meningkatkan risiko pasangannya mengalami keguguran.

Hal yang sama berlaku untuk wanita, jadi pasangan yang mencoba untuk memiliki bayi harus membatasi asupan kafein mereka hingga 200mg sehari (sekitar dua cangkir kopi instan atau satu cangkir kopi saring).

3. Berhenti merokok

Merokok dapat menurunkan kualitas sperma pria, menyebabkan jumlah sperma lebih rendah, dan memengaruhi kemampuan sperma untuk berenang. Merokok bahkan terkait dengan impotensi seksual(ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi).

Di sisi lain, seorang wanita yang menghirup asap rokok melalui perokok pasif dapat merusak kemampuannya untuk hamil.

Demi Anak, Ini 6 Kebiasaan Sehat yang Perlu Diterapkan Calon Ayah - 2

4. Menjaga testis tetap dingin

National Health Service (NHS) Inggris mengatakan bahwa untuk menghasilkan kualitas sperma terbaik, testis seorang pria harus sedikit lebih dingin daripada bagian tubuh lainnya.

Meski terdengar sulit, ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan, misalnya menghindari mandi air panas dan mengenakan pakaian dalam yang longgar seperti celana boxer.

Selain itu, jika Anda duduk dalam waktu yang lama, cobalah untuk bangun dan bergerak secara teratur. Hindari pula menaruh laptop hangat di pangkuan.

5. Mempertahankan berat badan

Pria yang kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat berdampak negatif pada kesuburan, karena dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas sperma mereka.

6. Makan makanan sehat

Pastikan Anda mendapatkan lima porsi buah dan sayuran setiap hari, karena penelitian menunjukkan kualitas sperma dipengaruhi oleh diet sehat. Selain itu, ada baiknya makan kenari dalam porsi sehari, karena telah terbukti membantu motilitas sperma (kemampuan berenang).

Berita Terkait

Berita Terkini