Pria

SBY Idap Kanker Prostat Stadium Awal, Ini Maksudnya!

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang mengidap kanker prostat stadium awal.

Shevinna Putti Anggraeni

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Youtube/Susilo Bambang Yudhoyono)
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Youtube/Susilo Bambang Yudhoyono)

Himedik.com - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang menderita penyakit kanker prostat stadium awal dan menjalani pengobatan di luar negeri.

"Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata Ossy Dermawan, staf pribadi SBY dalam keterangannya yang diterima Suara.com, Selasa (2/11/2021).

Ossy mengatakan hasil pemeriksaan melalui metode MRI, biopsy, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan medis lain menunjukkan bahwa kanker prostat yang diderita Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih dalam tahap stadium awal.

Stadium dalam kanker prostat merupakan tahapan yang menggambarkan perkembangan sel kanker di kelenjar prostat dan kemungkinan sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain atau tidak.

Dilansir dari Hellosehat, pengelompokan setiap tahapan kanker prostat ini terbagi dalam 4 tingkatkan dari yang paling rendah atau ringan dan paling parah, sama halnya dengan jenis kanker lainnya.

SBY (Twitter)
SBY (Twitter)

1. Kanker prostat stadium 1

Kanker prostat stadium 1 merupakan tahapan kanker awal atau paling ringan. Pada tahap ini, kanker masih tubuh lambat dan tumor tidak bisa dirasakan pada pemeriksaan colok dubur (digital rectum exam/DRE) atau saat USG.

Meskipun Anda bisa merasakan dan melihat tumornya, tapi biasanya masih berukuran kecil dan berada di satu sisi kelenjar prostat. Selain itu, sel kanker juga belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat dan bagian tubuh lainnya.

2. Kanker prostat stadium 2

Pada tahap kanker prostat stadium 2, tumor masih berada di prostat dan belum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kanker prostat stadium 2 ini juga terbagi menjadi 3 kelompok, antara lain stadium IIA, stadium IIB, stadium IIC.

3. Kanker prostat stadium 3

Kanker prostat stadium 3 termasuk dalam stadium lanjut. Karena, tingkat PSA sudah tinggi dan tumor sudah bertumbuh lebih besar. Tetapi, sel kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening dan organ tubuh lainnya. Stadium 3 kanker prostat juga terbagi dalam 3 kelompok, meliputi stadium IIIA, stadium IIIB, stadium IIIC.

4. Kanker prostat stadium 4

Kanker prostat stadium 4 merupakan tahapan kanker paling akhir dan sudah parah. Karena, tumor sudah tumbuh semakin besar dan tiak mungkin bertumbuh di jaringan ssekitar prostat. Tahapan kanker prostat ini terbagi menjadi 2 kelompok, yakni stadium IVA dan stadium IVB.

Berita Terkait

Berita Terkini