Pria

Irfan Hakim Masuk IGD Gara-gara Makan Keripik Pedas, Ini Lho Bahaya Makan Pedas Berlebihan!

Irfan Hakim dilarikan ke IGD Rumah Sakit setelah mengonsumsi keripik pedas.

Shevinna Putti Anggraeni

Irfan Hakim dilarikan ke rumah sakit setelah makan keripik pedas. [YouTube deHakims]
Irfan Hakim dilarikan ke rumah sakit setelah makan keripik pedas. [YouTube deHakims]

Himedik.com - Irfan Hakim dan beberapa timnya sempat dilarikan ke IGD rumah sakit gara-gara mengonsumsi keripik pedas demi konten.

Hal ini bermula dari Irfan Hakim diberi tantangan oleh Youtube Tanboy Kun untuk mengonsumsi 1 keripik pedas, yang juga dikenal sebagai "One Chip Challenge" sekaligus saus pedas.

Sesaat setelah makan keripik pedas itu Irfan Hakim masih terlihat biasa sampai akhirnya tak kuasa menahan pedasnya selama 5 menit.

Beberapa jam setelah selesai membuat konten, ia dan timnya pun mulai merasakan efek samping luar biasa dari mengonsumsi makanan pedas tersebut. Bahkan, salah satu kru Irfan Hakim sampai pingsan.

"Gue ngerasa itu lambung kayak diperes, ditarik. Terus sebelumnya, jantung gue juga kayak deg-degan banget," ujar Irfan Hakim mengutip dari channel YouTube deHakims, Rabu (8/6/2022).

Sebenarnya, makan pedas itu memberikan sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan metabolisme, mengobati kanker, hingga menjaga kesehatan jantung.

Irfan Hakim dan Tanboy Kun makan keripik pedas yang membuatnya masuk rumah sakit. [YouTube deHakims]
Irfan Hakim dan Tanboy Kun makan keripik pedas yang membuatnya masuk rumah sakit. [YouTube deHakims]

Tapi dilansir dari Hello Sehat, makan pedas yang berlebihan bia mengiritasi kulit, terutama di bagian bibir. Kulit bibir Anda mungkin akan merasakan perih.

Tak hanya itu, konsumsi makanan pedas berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang bisa membuat Anda sampai kesulitan tidur.

Dr Bret Christiansen dilansir dari In The Know, juga pernah mengatakan bahwa mengonsusmi keripik pedas seperti tantangan "One Chip Challenge" itu bisa menyebabkan rasa terbakar atau sakit pada saluran pencernaan.

Efek samping ini bisa sangat parah dalam waktu yang singkat, mirip dengan reaksi seperti penderita asma dengan kejang bronkial. Jika seseorang muntah terus-menerus setelah makan keripik pedas, orang itu mungkin membutuhkan hidrasi IV atau obat untuk menghentikan muntah.

Irfan Hakim sendiri juga menjelaskan dalam konten Youtube-nya, bahwa keripik pedas itu juga sudah memberikan peringatan dalam kemasannya bahwa produknya tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang sensitif terhadap makanan pedas, alergi terhadap paprika, nightshades, atau capsaicin, orang dengan gangguan lambung, penyakit jantung, ibu hamil dan masih di bawah umur.

Berita Terkait

Berita Terkini