Pria

Justin Bieber Tunda Konser Karena Derita Sindrom Ramsay Hunt, Apa Itu?

Justin Bieber menunda konser karena menderita sindrom Ramsay Hunt yang menyebabkan kelumpuhan wajah.

Shevinna Putti Anggraeni

Justin Bieber - (Instagram/@justinbieber)
Justin Bieber - (Instagram/@justinbieber)

Himedik.com - Justin Bieber terpaksa harus menunda serangkaian konsernya yang sudah dijadwalkan karena mengalami kelumpuhan wajah.

Melalui Instagram-nya, Justin Bieber mengumumkan dirinya baru saja didiagnosis sindrom Ramsay Hunt, yang mengakibatkan kelumpuhan di sebagian wajahnya.

Justin Bieber pun menceritakan tentang efek fisik gangguan neurologis yang dialaminya akibat sindrom Ramsay Huns tersebut.

"Saya menderita sindrom Ramsay Hunt dan virus inilah yang menyerang saraf telinga dan wajah saya hingga menyebabkan wajah saya lumpuh," kata Justin Bieber dalam video Instagram unggahannya.

Ia mengaku tidak bisa mengedipkan salah satu matanya, menggerakkan lubang hidung atau tersenyum di satu sisi wajah. Bahkan, kondisinya semakin terasa sulit ketika makan.

"Ini cukup serius seperti yang Anda lihat. Saya harap kalian mengerti, saya akan menggunakan waktu ini untuk beristirahat dan santai sampai kembali pulih 100 persen untuk saya kembali beraktivitas," katanya.

Waduh Separuh Wajah Justin Bieber Lumpuh Akibat Virus, Begini Kondisinya. (Dok: Instagram/Justinbieber)
Waduh Separuh Wajah Justin Bieber Lumpuh Akibat Virus, Begini Kondisinya. (Dok: Instagram/Justinbieber)

Sedangkan dilansir dari People, Dr. Amit Kochhar, MD, otolaryngologist (THT) dan direktur Program Gangguan Saraf Wajah di Pacific Neuroscience Institute di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, mengatakan sindrom Ramsay Hunt yang diderita Justin Bieber itu tergolong langka.

Sindrom Ramsay Hunt adalah penyebab paling umum kedua kelumpuhan wajah perifer atraumatik, setelah Bell's Palsy tetapi sedikit lebih parah.

Kondisi ini hanya menyerang sekitar 5 dari 100 ribu orang. Kondisi ini disebabkan oleh reaktivasi virus herpes zoster di wajah, yang membuat penderita cacar air rentan terhadap virus varicella-zostar sejak kecil.

Dilansir dari Mayo Clinic, sindrom Ramsay Hunt (herpes zoster oticus) terjadi ketika wabah herpes zoster mempengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga Anda.

Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan, sindrom Ramsay Hunt dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena.

Sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus masih hidup di saraf Anda.

Bertahun-tahun kemudian, itu dapat diaktifkan kembali. etika itu terjadi, itu dapat mempengaruhi saraf wajah Anda.

Pengobatan sindrom Ramsay Hunt yang segera dapat mengurangi risiko komplikasi, yang dapat mencakup kelemahan otot wajah permanen dan ketulian.

Berita Terkait

Berita Terkini