Pria

Menyehatkan Sih, Tapi Olahraga Ini Malah Picu Disfungsi Ereksi Lho!

Olahraga yang paling banyak disukai orang justru bisa memicu disfungsi ereksi.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi penis - (Shutterstock)
Ilustrasi penis - (Shutterstock)

Himedik.com - Olahraga sangat disarankan karena baik untuk kesehatan. Tapi, olahraga tertentu mungkin bisa menyebabkan disfungsi ereksi.

Penelitian dari Wroclaw Medical University di Polandia, yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine, menunjukkan bersepeda bisa membuat pria berisiko mengalami disfungsi ereksi.

Bersepeda salah satu jenis olahraga yang paling banyak disukai orang. Anda bisa bersepeda sambil menikmati udara segar, tetapi ini bisa menyebabkan disfungsi ereksi.

"Bersepeda bisa menghancurkan saraf yang menyebabkan disfungsi ereksi. Bersepeda juga menghancurkan testis Anda, yang berakibat tidak baik dalam hal kesuburan," kata Dr Ellie Cannon dikutip dari Express.

Penelitian ini mendesak pria yang suka bersepeda untuk berdiri di atas pedal setiap 10 menit guna menghindari disfungsi ereksi.

Ilustrasi bersepeda di car free day (Pexels.com/RUN 4 FFWPU)
Ilustrasi bersepeda di car free day (Pexels.com/RUN 4 FFWPU)

Hal ini penting bagi pria untuk menghindari kerusakan di bagian organ intim akibat bersepeda.

Selain itu, penelitian ini juga menyebabkan penyebab umum mati rasa pada alat kelamin juga bisa jadi karena teknik berkendara yang buruk dan jenis sepeda yang salah.

Setelah meninjau 22 studi tentang bagaimana pria dapat menghindari nyeri sadel, para peneliti mengidentifikasi solusi yang efektif, termasuk menggunakan kursi sepeda tanpa ujung yang menonjol untuk menghindrai tekanan dari area genital.

“Mereka menyerukan agar sadel sepeda lebih ramah pria tanpa bagian depan yang menekan organ intim," kata Dr Ellie.

Namun, penelitian ini tidak dimaksudkan untuk mencegah pria bersepeda. Kamil Litwinowicz, penulis utama dari Wroclaw Medical University, mengatakan tidak ingin pria berhenti bersepeda, tetapi sekadar memberi saran kepada mereka untuk sesekali berdiri di atas pedal atau menggunakan pelana yang berbeda.

Karena, ada juga bukti bahwa tidak banyak bergerak terkait dengan disfungsi ereksi, jadi bersepeda sebagai bentuk aktivitas dapat mengurangi risiko itu.

Berita Terkait

Berita Terkini