Pria

Parto Patrio sampai Operasi, Ketahui 5 Gejala Awal Batu Ginjal sebelum Semakin Parah

Apa saja gejala awal batu ginjal?

Yasinta Rahmawati

Parto Patrio dan istrinya, Diena Risty. (Instagram)
Parto Patrio dan istrinya, Diena Risty. (Instagram)

Himedik.com - Parto Patrio mengalami pembengkakan dan batu ginjal. Pelawak berusia 63 tahun itu langsung menjalani tindakan operasi usai beberapa jam dilarikan ke rumah sakit.

Kondisi Parto Patrio dikabarkan oleh sang istri, Diena Risty. "Alhamdulillah semuanya sudah membaik, terima kasih untuk semua doa-doa baik dan kesehatan @partopatrio dan segala bentuk perhatian dari kalian semua," tulisnya lewat Instagram Story.

Batu ginjal merupakan kondisi yang muncul karena limbah yang berada di dalam darah membentuk kristal yang menumpuk di bagian ginjal.

Umumnya, batu yang kecil dapat keluar melalui urine tanpa menimbulkan rasa sakit. Namun, batu yang ukurannya lebih besar dapat mengganggu cadangan urine di ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra yang tentunya menimbulkan rasa sakit.

Eko Patrio, Parto Patrio dan Akri Patrio. [Instagram/@dienz_36]
Eko Patrio, Parto Patrio dan Akri Patrio. [Instagram/@dienz_36]

Dilansir dari laman Mayo Clinic, ada beragam faktor risiko yang memicu terjadinya batu ginjal, yakni pola makan dan minum, kondisi medis, berat badan berlebih, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Lantas, apa saja gejala awal batu ginjal?

1. Rasa sakit di punggung

Muncul rasa nyeri yang mencengkeram di punggung, biasanya terasa di bawah tulang rusuk di satu sisi, menjalar ke depan dan bisa juga ke area selangkangan.

2. Perubahan urine

Gejala awal batu ginjal bisa dideteksi lewat perubahan urine. Biasanya urine akan menjadi keruh dan bau tidak sedap, terkadang juga mengeluarkan darah.

3. Sulit kencing

Kondisi batu ginjal akan membuat seseorang susah mengeluarkan air kencing padahal sudah kebelet. Ini terjadi karena adanya batu di saluran kemih.

4. Keluar kerikil kecil

Gejala awal lainnya adalah batu-batu kecil seperti kerikil bakal keluar bersamaan dengan urine.

5. Demam

Seiring batu ginjal yang semakin parah, seseorang akan mengalami demam, menggigil, serta berkeringat.

Berita Terkait

Berita Terkini