Wanita

Obesitas pada Wanita Muda Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara

Obesitas menjadi hal yang dijauhi oleh hampir semua orang khususnya kaum hawa. Namun, siapa sangka ada fakta lain di balik obesitas yang terjadi pada wanita muda. Simak di sini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Obesitas/pexels
Obesitas/pexels

Himedik.com - Siapa bilang obesitas selalu berarti negatif? Tak selamanya pandangan terhadap orang yang obesitas selalu mengarah ke negatif lho.

Kalau kamu masih punya pandangan seperti itu, kamu sebaiknya harus tahu fakta di bawah ini.  Kali ini ada berita baik bagi kamu, wanita muda yang memiliki berat badan berlebih.

Setidaknya, kamu harus bersyukur pada keadaanmu sekarang. Pasalnya, sebuah penelitian mengatakan wanita muda yang gemuk memiliki risiko kanker payudara yang lebih kecil.

Namun ini bukan berarti kamu sengaja menggemukan badan ya, karena ada banyak juga risiko kesehatan yang terkait dengan kelebihan berat badan.

Kali ini wanita berusia 18-24 tahun terlibat dalam penelitian terbaru yang dipimpin oleh National Institutes of Health, dilansir dari medicaldaily.

Obesitas/pexels
Ilustrasi/pexels

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Oncology pada 21 Juni menjelaskan wanita akan bertambah berat badannya terutama setelah menopause.

Hal ini bisa membawa peningkatan risiko kanker payudara.

Namun, menurut Dale Sandler, kepala Cabang Epidemiologi di Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan ( NIEHS), risiko kanker tidak meningkat bahkan menurun pada wanita pramenopause yang obesitas.

Semua wanita dalam penelitian ini dikategorikan ke dalam empat kelompok berdasarkan rentang usia 18 hingga 24, 25 hingga 34, 35 hingga 44, dan 45 hingga 54.

Indeks massa tubuh mereka juga diteliti. Hasilnya menunjukkan adanya penurunan risiko kanker payudara 12 hingga 23 persen sebelum menopause.

Nah, sekarang sudah tahu kan fakta obesitas pada wanita muda yang bisa turunkan risiko kanker payudara? Namun, terlepas dari itu, kamu harus tetap jaga pola hidup sehat ya!

 

Berita Terkait

Berita Terkini