Wanita

Berikut Daftar Lima Gangguan Kesehatan Bagi Perempuan Pekerja

Bagi perempuan yang bekerja diindikasikan lebih berisiko mengalami masalah kesehatan. Berikut daftar lima gangguan kesehatan.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi perempuan merasa cemas.(Shutterstock/DRogatnev)
Ilustrasi perempuan merasa cemas.(Shutterstock/DRogatnev)

Himedik.com - Bagi perempuan pekerja atau lebih trennya disebut wanita karier, diindikasikan lebih berisiko mengalami masalah kesehatan. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko ini, seperti lingkungan kerja yang penuh tekanan, tugas pekerjaan yang sulit, hingga jam kerja yang panjang. 

Berikut daftar lima gangguan kesehatan yang dialami perempuan pekerja, dilansir dari Genius Beauty. Bahwa kondisi dan iklim kantor bisa mendorong atau memicu kondisi kesehatan yang sebelumnya tidak muncul ke permukaan.

1. Gangguan kecemasan

Perempuan yang bekerja di lingkungan kantor yang penuh tekanan sering menderita kecemasan. Tidak ada keraguan bahwa stres bisa menyebabkan kecemasan dan bahkan serangan panik.

Satu-satunya solusi adalah menemukan pekerjaan lain. Namun, ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, karena seringkali perempuan juga sulit untuk menemukan pekerjaan baru karena beberapa alasan.

Daripada membiarkan stres dari pekerjaan yang membelit hidup Anda, mendaftarlah di kelas yoga dan belajar cara bermeditasi. Jika tidak mengelola stres, Anda akan menghadapi risiko komplikasi kesehatan yang lebih serius, seperti serangan jantung.

Bahkan pelecehan seksual di tempat kerja, juga masalah yang sangat umum bagi perempuan bekerja. Fatalnya bisa menimbulkan masalah kecemasan serius.

2. Kurang gizi

Perempuan yang bekerja juga berisiko kekurangan gizi. Faktor penyebab paling umum  adalah diet yang tidak sehat. Jika Anda bekerja berjam-jam atau terpaksa melewatkan makan siang dan istirahat, mungkin akan kekurangan gizi.

Solusinya, Anda harus istirahat untuk santap siang dengan asupan makanan sehat. Pastikan diet Anda termasuk makanan tinggi protein, vitamin, dan nutrisi.

3. Kanker payudara

Menurut Yayasan Penelitian Kanker Payudara, pada 2012 sekitar 1,7 juta kasus baru kanker payudara dilaporkan di seluruh dunia. Bentuk kanker yang agresif ini merenggut nyawa ribuan perempuan yang bekerja dan ibu rumah tangga setiap tahun.

Penyebab kanker payudara masih belum diketahui, tetapi ada berbagai faktor yang dapat membuat perempuan berisiko.

Perempuan yang bekerja di lingkungan penuh tekanan berada pada risiko yang lebih tinggi terkena kanker payudara daripada perempuan yang tinggal di rumah menjadi seorang ibu dan istri.

Beberapa ahli medis percaya bahwa stres adalah faktor penyebab kanker, terutama kanker payudara. Meskipun tidak ada fakta ilmiah untuk mendukung keyakinan ini, stres bisa berdampak negatif pada sistem kekebalan.

Ketika sistem kekebalan tidak berfungsi dengan baik, respon inflamasi menurun secara signifikan. Ketika ini terjadi, sistem kekebalan tubuh tidak dapat melawan radikal bebas yang diketahui menyebabkan kanker.

Ilustrasi tidur [Shutterstock].

4. Masalah jantung

Stres telah terbukti meningkatkan tingkat tekanan darah dan detak jantung. Perempuan yang bekerja dan mengalami stres kronis memiliki risiko lebih tinggi terkena masalah jantung.

Di Amerika, lebih banyak orang meninggal karena penyakit jantung daripada penyakit lainnya. Stres juga meningkatkan hormon-hormon dan produksi adrenalin. Para ilmuwan juga telah menghubungkan stres dengan perubahan dalam proses koagulasi, yang dapat menyebabkan serangan jantung.

5. Insomnia

Ketika Anda terkena stres, ada kemungkinan akan menderita insomnia. Insomnia kronis tidak hanya akan mengurangi kinerja Anda di tempat kerja tetapi  menempatkan Anda pada risiko kecelakaan.

Bagi perempuan pekerja, itulah daftar lima gangguan kesehatan, semoga bisa menjadi wacana agar diminimalkan dan tidak terjadi pada Anda.

Suara.com/Dinda Rachmawati

Artikel ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul: Bagi Perempuan Bekerja, Ini Daftar Lima Gangguan Kesehatan

Berita Terkait

Berita Terkini