Wanita

Ini Sembilan Kegiatan Rumah yang Ternyata Sama Dengan Olahraga

Ternyata kegiatan yang biasa dilakukan di rumah sama dengan olahraga di luar rumah lho.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi seorang wanita sedang membersihkan rumah. (Istockphoto)
Ilustrasi seorang wanita sedang membersihkan rumah. (Istockphoto)

Himedik.com - Bagi sebagian besar wanita, kecantikan tidak hanya terletak di wajah yang dipoles dengan make-up tebal atau tampil dengan pakaian model terkini. Tapi, cantik juga berasal dari fisik yang sehat.

Namun, terkadang keinginan itu sulit diwujudkan oleh seorang wanita. Terlebih bagi mereka yang sehari-harinya bekerja kantoran atau disibukan dengan urusan rumah tangga, sehingga tidak memiliki waktu luang untuk sekedar berolahraga.

Tapi tenang saja, ternyata kegiatan yang biasa dilakukan di rumah sama dengan olahraga di luar rumah lho. Bahkan, kalori yang dikeluarkan sama dengan berolahraga di tempat gym.

Dilansir dari idntimes, berikut sembilan kegiatan rumah yang bisa dilakukan sebagai solusi olahraga Anda.

1. Berkebun (325 kalori)

Berkebun (shutterstock)
Berkebun. (shutterstock)

Wah, untuk kamu yang suka berkebun, selamat! Berkebun selama satu jam membantumu mengurangi 325 kalori di dalam tubuh. Mulai dari mencangkul, menanam bunga, menyiram sampai dengan menyapu halaman. Kamu bukan hanya bisa menata indah taman di rumahmu. Tapi kalorimu juga akan banyak terbakar dengan aktivitas ini.

2. Mencuci kendaraan (153 kalori)

Mencuci kendaraan. (Shutterstock)
Mencuci kendaraan. (Shutterstock)

Wah, jarang memang ada wanita yang mencuci kendaraannya sendiri. Tapi jika kamu mau mencoba, kamu akan kehilangan 153 kalori di tubuhmu dengan aktivitas ini.

3. Mencuci pakaian (280 kalori)

Mencuci pakaian. (Shutterstock)
Mencuci pakaian. (Shutterstock)

Salah satu pekerjaan wajib seorang ibu rumah tangga adalah mencuci pakaian. Nyatanya mencuci pakaian mampu menguras kalori yang kita miliki. Tapi apa jadinya jika saya mencuci dengan mesin cuci? Bukannya tidak mengurangi kalori saya? Tentu saja tidak begitu. Meski mencuci dengan mesin cuci, kegiatan menjemur, mengangkat jemuran, melibat, menyetrika dan memasukkan ke dalam lemari juga membuat kalorimu akan berkurang.

4. Mengepel lantai (400 kalori)

Mengepel lantai. (Shutterstock)
Mengepel lantai. (Shutterstock)

Sejalan dengan menyapu lantai, mengepel lantai rumah juga akan membakar kalorimu. Sejam kamu mengepel lantai, menggunakan alat atau hanya bermodal kain saja akan membakar kalori hingga 400 kalori. Kamu bisa mulai dari jalanan di rumah sampai pada sela-sela yang sulit dijangkau.

5. Menyapu (136 kalori)

Menyapu. (Shutterstock)
Menyapu. (Shutterstock)

Nah, kegiatan yang ini tentu membuat kalorimu berkurang. Terlebih saat kamu memiliki rumah yang sedikit lebih luas. Kegiatan menyapu akan mengurangi beberapa kalori dalam sehari. Jangan melewatkan sela-sela. Selain bisa membersihkan kotoran di lantai, kamu juga sekalian berolahraga bukan?

6. Mencuci piring (265 kalori)

Mencuci piring. (Shutterstock)
Mencuci piring. (Shutterstock)

Mencuci piring juga akan membuatmu kehilangan 200 lebih kalori. Meletakkan piring di lemari juga akan membantumu mengurangi kalori.

7. Membersihkan jendela (167 kalori)

Membersihkan jendela. (Shutterstock)
Membersihkan jendela. (Shutterstock)

Saat kamu membersihkan rumah, jangan lupa dengan jendela, kaca dan juga bingkai foto di rumahmu. Membersihkan beberapa sisi ini akan mengurangi 167 kalori di dalam tubuhmu. Selain membuat jendela kinclong, kamu juga bisa meregangkan otot dengan membersihkan jendela.

8. Membersihkan kamar mandi (180 kalori)

Membersihkan kamar mandi.(Shutterstock)
Membersihkan kamar mandi.(Shutterstock)

Membersihkan rumah rasanya kurang lengkap jika kamu tidak membersihkan kamar mandi juga. Terlebih saat kamu memiliki beberapa kamar mandi di rumahmu, aktivitas ini akan menguras banyak tenagamu.

9. Mendekor ulang perabot rumah (267 kalori)

Mendekor perabot rumah. (Shutterstock)
Mendekor perabot rumah. (Shutterstock)

Yang terakhir adalah mendekor ulang perabot rumahmu. Mulai dari ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, kamar tidur sampai dengan ruangan pribadimu lainnya. Kamu akan banyak kehilangan kalori terlebih saat memindahkan meja, kasur sampai dengan menata ulang tatanan perabot lainnya.

Nah, sudah tahu kan olahraga apa yang cocok kamu lakukan meski kamu sibuk dan enggan pergi keluar rumah?

Berita Terkait

Berita Terkini