Wanita

Dampak Pakai Parfum dan Wadah Plastik Saat Masa Kehamilan

Saat hamil, hindari menggunakan bahan plastik untuk memanaskan makanan atau segala jenis wewangian ya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Wanita hamil/unsplash
Wanita hamil/unsplash

Himedik.com - Jika kamu saat ini sedang hamil, sebaiknya hindari menggunakan parfum atau wadah plastik sebagai pemanas makanan.

Kenapa? Tanpa kamu sadari tindakan ini punya efek samping terhadap anakmu kelak saat ia besar. Dari dailymail, HiMedik menemukan tindakan ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada perkembangan otak anak.

Penelitian ini dilakukan oleh tim di University of Illinois yang memanggang kue dengan campuran bahan phthalates - bahan kimia yang terkandung dalam plastik dan parfum.

Setelah dipanggang, kue tersebut diberikan pada tikus hamil dan menyusui. Tim memberi makan kue setiap hari dan selama 10 hari setelah tikus-tikus ini melahirkan.

Ketika anak tikus besar, ditemukan bahwa anak tikus tak memiliki kemampuan kognitif seperti anak tikus yang lain yang tak terkena bahan kimia.

Tentunya ini membuat Dr Janice Juraska, seorang profesor psikologi di departemen neuroscience terkejut. Sebagai penulis utama dalam penelitian ini, ia mendesak agar para wanita hamil menghindari plastik dan berbagai macam wewangian dalam bentuk apa pun.

Pasangan/unsplash
Pasangan/unsplash

Saat ini, Dr Juraska dan Dr Schantz sedang bekerja untuk menentukan jenis phthalates mana yang berpengaruh terhadap perkembangan otak anak. Mereka juga ingin melihat bagaimana hormon memengaruhi perkembangan dan perilaku otak.

Namun, terlepas dari itu, mereka menyarankan agar wanita hamil menghindari penggunaan plastik, entah itu untuk memanaskan makanan atau sebagai wadah menyimpan makanan.

Selain itu, hindari juga penggunaan wewangian dan penyegar udara. Wewangian sering mengandung bahan ini. Meminimalkan penggunaan bahan-bahan seperti ini bisa membantu tumbuh kembang bayi lebih optimal.

 

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini