Wanita

Agar Aman ke Pantai Bersama Si Kecil, Penuhi Empat Syarat Ini

Untuk mengajak si kecil pergi ke pantai dibutuhkan perhatian khusus dari orangtua.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi. (clubvillamar.com)
Ilustrasi. (clubvillamar.com)

Himedik.com - Piknik ke pantai bersama keluarga tercinta pasti sangat menyenangkan. Terlebih bagi keluarga baru yang memiliki anak kecil. Sungguh menjadi momen yang tak terlupakan.

Menurut Shana Bondo, MD., seorang dokter anak di Medical University of South Carolina, menyarankan usia minimal bayi yang boleh di bawah ke pantai adalah tiga bulan.

Namun, untuk mengajak si kecil pergi ke pantai dibutuhkan perhatian khusus dari orangtua. Semua dilakukan demi kenyamanan dan keselamatan anak.

Berikut perlengkapan yang wajib dibawa saat mengajak anak ke pantai, dilansir dari Fit Pregnancy.

1. Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari sangat berbahaya untuk kulit si kecil yang masih sangat sensitif. Dokter tidak menyarankan menggunakan tabir surya pada bayi di bawah usia enam bulan.

Tabir surya dengan spf 15 atau lebih direkomendasikan pada bayi-bayi usia enam bulan atau lebih demi menghindari paparan sinar matahari secara langsung dan dengan mengolesinya setidaknya 15 menit sebelum menuju ke pantai.

2. Pergi di pagi hari

Rencanakan perjalanan pantai di pagi hari. Sangat penting untuk membawa makanan tambahan atau air untuk menghindari dehidrasi.

Jika muncul kelelahan, rewel, kulit memerah, atau bibir kering, segera angkat si kecil. Hindari jam matahari puncak antara pukul 10.00 pagi dan 16.00 sore.

3. Ajak Bayi untuk berani dengan air

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar bayi tidak terlalu lama berada di air laut, karena risiko seperti polusi, racun, dan hewan laut.

Namun, dengan memercikan air laut dan menyentuh ombak kecil adalah cara terbaik untuk memperkenalkan si kecil ke air. Pastikan bahwa bayi selalu memakai pelampung dan ditemani orang dewasa.

4. Bawa perlengkapan penting

Berikut adalah rekomendasi barang-barang yang harus ada di dalam tas bayi. Tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi (untuk digunakan pada orangtua dan bayi enam bulan atau lebih), pakaian renang pelindung UV, termasuk pakaian dalam, kemeja atau lainnya untuk melindungi kulit dari sinar matahari secara langsung. Kacamata hitam, topi lebar, dan payung.

Baju ganti untuk si kecil, dan popok yang digunakan saat berenang, pelampung, atau rompi renang khusus bayi. Botol untuk menyimpan asi atau susu formula. Camilan sehat agar bayi tidak dalam kondisi lapar ketika bermain air di pantai. Jangan lupa mainan seperti ember, sekop dan beberapa cetakan pasir untuk bermain.

Itulah beberapa syarat yang wajib dipenuhi saat piknik ke pantai bersama si kecil. Semoga bermanfaat moms!

Berita Terkait

Berita Terkini