Wanita

7 Makanan Ini Efektif Melawan Gejala PMS

Kamu lagi PMS? Jangan panik!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

PMS. (beritagar.id)
PMS. (beritagar.id)

Himedik.com - PMS dikenal juga dengan istilah sindrom prahaid. PMS ditandai dengan beberapa gejala yang terjadi pada wanita antara masa ovulasi dan menstruasi. Gejala ini dapat berupa depresi, nyeri pada payudara dan tulang belakang, ngidam makanan tertentu serta perubahan suasana hati.

Jangan khawatir jika kamu yang sering mengalami gejala-gejala ini. Kali ini HiMedik punya 7 makanan ampuh untuk membantu melawan PMS, dilansir dari Everydayhealth.

1. Yogurt rendah lemak

Kalau kamu sering lapar di saat PMS, cobalah konsumsi yogurt. Menurut sebuah studi oleh para peneliti dari University of Massachusetts di Amherst yang menganalisis asupan kalsium dan vitamin D dari hampir 3.000 wanita, konsumsi produk kaya kalsium, terutama dengan tambahan vitamin D, menurunkan risiko untuk terkena PMS sebanyak 40 persen.

Yogurt/pexels
Yogurt. (Pexels)

2. Brokoli yang dikukus

Brokoli/pexels
Brokoli. (Pexels)

Nutrisi dalam brokoli seperti kalsium, vitamin A, C, B6 dan E, kalium dan magnesium terbukti bisa melawan PMS. Vitamin A dapat membantu mengatur efek hormon yang berfluktuasi, kata Mache Seibel MD, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di University of Massachusetts Medical School dan ahli dalam kesehatan dan nutrisi wanita.

Brokoli juga merupakan sumber serat yang baik dan bermanfaat membantu mengatur kadar estrogen dan sistem pencernaanmu.

3. Biji labu

Biji labu/unsplash
Biji labu. (Unsplash)

Biji labu kaya akan sejumlah nutrisi yang telah terbukti mengurangi gejala PMS. Sebanyak 75 persen magnesium dan 85 persen mangan yang disarankan setiap harinya.

Magnesium dapat membantu meringankan suasana hati, sementara mangan telah terbukti mengurangi iritabilitas dan ketegangan yang terjadi saat PMS. Dengan biji labu, kamu juga mendapatkan zat besi, serat, seng, dan asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung.

4. Telur

Telur/pexels
Telur. (Pexels)

Telur dapat membantu melawan PMS karena ini adalah sumber vitamin D, B6, dan E. Vitamin E adalah nutrisi lain yang dapat mengatasi gejala PMS, kata Dr. Seibel. Selain untuk PMS, telur juga bisa dikonsumsi oleh mereka yang kolesterol lho.

5. Kacang

Kacang/pexels
Kacang/pexels

Kamu bisa mengonsumsi kacang atau pun selai kacang. "Makanan yang kaya magnesium adalah yang kedua setelah makanan kaya kalsium untuk mengurangi gejala PMS," kata Bauer. Kacang juga bisa mencegah kembung.

6. Pisang

Pisang/pexels
Pisang. (Pexels)

Pisang kaya akan vitamin B6 sebagai salah satu pencegah perut kembung yang biasa terjadi saat PMS. Satu pisang saja akan menggantikan kalium yang hilang saat kamu olahraga. Namun jika kamu bukan penggemar pisang, jeruk juga merupakan sumber vitamin B6 yang baik.

7. Teh chamomile

Minum teh/unsplash
Minum teh/unsplash

Bauer merekomendasikan teh chamomile karena memiliki sifat yang dapat membantu meredakan kejang otot dan mengurangi kram. Teh ini juga bisa meredakan kecemasan.

Nah, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan di atas jika kamu sedang PMS ya.

Berita Terkait

Berita Terkini