Wanita

Khusus Ibu Hamil, Cara Mudah Cegah Varises Pasca Lahiran

Saat masa kehamilan, lakukan hal ini agar varises tak muncul setelah melahirkan.

Tinwarotul Fatonah | Yuliana Sere

Varises pada ibu hamil. (Dr Len Kliman)
Varises pada ibu hamil. (Dr Len Kliman)

Himedik.com - Varises biasanya muncul pada sebagian besar wanita setelah melahirkan. Pembuluh darah vena biru atau ungu yang kamu sebut dengan varises ini biasanya muncul pada bagian belakang lutut.

Sebagian besar kasus varises terjadi karena salah satu anggota keluarga ada yang mengalami ini. Selain itu, penyebab varises juga karena rahim yang menekan vena besar di sisi kanan tubuh yang meningkatkan tekanan pada vena di kaki.

Varises juga bisa disebabkan oleh waktu berdiri yang terlalu lama, mengandung bayi kembar atau kehamilan yang berturut-turut. HiMedik menemukan beberapa tips dari laman babycenter untuk mencegah munculnya varises.

1. Berolahraga setiap hari. Bahkan, hanya dengan berjalan kaki keliling kompleks rumahmu kamu bisa meningkatkan aliran sirkulasi darah.

2. Berat badan. Usahakan tetap pada kisaran berat badan yang disarankan untuk tahap kehamilanmu.

Varises. (Alpha Vein Clinic Las Vegas)
Varises. (Alpha Vein Clinic Las Vegas)

3. Posisi kaki. Usahakan posisi kaki lebih tinggi sejajar dengan ulu hati atau lebih tinggi bila memungkinkan jika kamu sedang beristirahat. Jika sedang berbaring, istirahatkan kaki di atas bantal.

Lakukan posisi ini kurang lebih 30 menit ya.

4. Jangan menyilangkan kaki saat duduk. Pasalnya ini bisa menyebabkan darah tak mengalir lancar sehingga pembuluh darah vena bisa membengkak. Jika dilakukan secara terus-menerus maka ini bisa menyebabkan varises.

5. Jangan duduk atau berdiri dalam waktu lama. Sering-seringlah untuk bergerak ya.

Kamu bisa menggunakan kaus kaki yang ketat pada mata kaki sehingga darah lebih mudah mengalir ke arah jantung. Ini bisa berefek mencegah pembengkakan yang bisa membuat varises semakin memburuk.

Beberapa teknik di atas bisa kamu terapkan untuk mencegah timbulnya varises pasca melahirkan. Kamu juga harus ingat untuk mengonsumsi vitamin C saat masa kehamilan ya dan perbanyak makan buah dan sayur.

Berita Terkait

Berita Terkini