Wanita

Yuk, Usir Jerawat dengan Tiga Langkah Mudah Berikut Ini!

Jerawat biasanya muncul di area wajah. Bintik merah yang meradang ini muncul salah satunya dikarenakan pori-pori wajah tersumbat.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

bebas dari jerawat (prelo.co.id)
bebas dari jerawat (prelo.co.id)

Himedik.com - Jerawat memang menjadi momok menakutkan bagi semua wanita. Terlebih jika tidak rajin membersihkan muka, maka sudah pasti bintik merah di wajah itu akan muncul.

Namun, tak hanya masalah kebersihan, jerawat juga bisa muncul karena pengaruh suasana hati seperti stress dan hormon. Nah, sebelum melakukan ritual pengusiran jerawat, maka Anda perlu tahu dulu apa penyebabnya.

Berikut ada tiga langkah mudah yang bisa Anda coba.

1. Terapkan pola hidup sehat

Jika ingin sehat, jawabannya sudah jelas menerapkan pola hidup sehat bukan? Nah, jadi jika Anda masih sering makan makanan berlemak, jarang olahraga, dan tidur larut malam, mulai sekarang coba dikurangi, ya!

hidup sehat dengan olahraga (sehatfresh.com)
hidup sehat dengan olahraga (sehatfresh.com)

Tidak hanya menimbulkan tumbuhnya jerawat, namun makanan berlemak juga bisa memicu penyakit lain datang. Sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah karena baik untuk kesehatan kulit.

Olahraga baik untuk kebugaran tubuh. Ini akan sangat berguna jika jerawat muncul karena pengaruh hormon atau stress akibat PMS (premenstrual syndrome). Olahraga akan membantu mengatur keseimbangan hormon, serta akan memperlancar suplai oksigen dan aliran darah ke kulit.

Terlepas untuk urusan pekerjaan atau hal penting lainnya, tidur larut malam akan memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Seperti sering lupa, susah konsentrasi, dan memicu stress. Dari stress itulah jerawat juga bisa muncul, lho.

2. Merawat kulit

Tidak perlu mahal untuk melakukan perawatan kulit. Anda bisa mulai dengan membersihkan wajah secara benar. Selain itu, jangan lupakan penggunaan tabir surya jika beraktivitas di luar ruangan. Hal tersebut dimaksudkan agar kulit wajah terlindungi dari sinar UV yang bisa merusak kulit.

Tomat/unsplash
Tomat/unsplash

Sesekali, dalam setiap akhir pekan Anda juga bisa menggunakan masker racikan sendiri supaya perawatan wajah memberikan hasil yang maksimal. Anda bisa mencoba menggunakan masker atau potongan tomat yang mana kandungan likopen di dalamnya membantu pertahanan kulit. Likopen sendiri merupakan salah satu jenis antioksidan dalam buah tomat.

3. Konsisten

Semua usaha yang Anda lakukan akan berakhir sia-sia jika tidak dilakukan secara berkesinambungan. Maka dari itu selalu ingat untuk melakukan langkah-langkah di atas secara konsisten.

Nah, itu dia tiga langkah mudah jika ingin jerawat pergi. Selamat mencoba, girls!

Berita Terkait

Berita Terkini