Wanita

Begini Cara Menghadapi Stres Saat Jadi Ibu Baru

Jangan khawatir saat baru memiliki bayi, begini tips hadapai stres yang melanda.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Hindari stres saat jadi ibu baru dengan tips ini. (unsplash)
Hindari stres saat jadi ibu baru dengan tips ini. (unsplash)

Himedik.com - Saat bayi lahir, kamu sebagai seorang ibu punya tanggung jawab besar. Kamu harus memberikan banyak perhatian, perawatan dan itu pastinya memakan banyak waktu dan energi.

Tentunya kamu harus bekerja ekstra untuk hal ini apalagi jika kamu adalah orang tua baru. Biasanya, kamu akan berurusan dengan stres.

Untuk mengatasi ini, kali ini HiMedik sudah berhasil merangkum dari boldsky kiat-kiat untuk membantu kamu mennghadapi stres saat menjadi ibu baru.

Tips 1

Selama tahun pertama, cobalah untuk tidak membuat rencana yang menghabiskan banyak waktu dan energi, seperti bepergian atau mengganti pekerjaan. Hal seperti ini hanya akan menambah stres.

Tips 2

Buatlah rencana kasar tentang bagaimana menjadwalkan pekerjaanmu dan kegiatan lain setelah sang buah hati lahir. Ini bisa menghemat waktu dan juga menghilangkan banyak kebingungan dan stres.

Tips 3

Buat catatan tentang waktu tidur siang dan makan anakmu. Ini bisa membantu kamu menjadi lebih teratur serta mengurangi keruwetan terkait perawatan bayi.

Tips 4

Kamu bisa mempertimbangkan seseorang untuk membantumu di rumah, misalnya untuk mencuci atau memasak. Hal ini bisa membuat kamu menghemat waktu dan energi serta kamu bisa menghabiskan waktu bersama sang bayi, terutama setelah tahun pertama.

Pertimbangkan untuk bergantian mengurus anak. (unsplash)
Pertimbangkan untuk bergantian mengurus anak. (unsplash)

Tips 5

Kamu juga bisa meminta bantuan keluarga atau teman untuk mengatasi stres dan tekanan.Konsultasikan dengan suami terlebih dahulu untuk hal ini ya.

Tips 6

Beri waktu untuk diri sendiri juga penting. Ini bisa kamu gunakan untuk berjalan-jalan, olahraga atau meditasi atau melakukan apa pun yang membuat kamu bahagia. Menghabiskan waktu berkualitas dengan diri sendiri juga sama pentingnya.

Tips 7

Kamu bisa bergantian dengan pasangan untuk merawat sang buah hati. Tentukan hari dimana kalian saling bergantian untuk merawat si kecil. Melakukan semuanya sendiri tanpa bantuan siapa pun dapat membuat kamu stres.

Mudah kan tips menghindari stres saat menjadi ibu baru?

Berita Terkait

Berita Terkini