Wanita

Bahaya! Jangan Malas Mengganti Pembalut

Malas mengganti pembalut saat sedang menstruasi dapat menyebabkan penyakit herpes.

Agung Pratnyawan | Krishnayanti C

Pembalut (khoobsurati)
Pembalut (khoobsurati)

Himedik.com - Kebersihan seringkali terabaikan oleh para wanita saat sedang menstruasi. Kadang terlalu asyik dengan kegiatannya, pergi dan lupa membawa pembalut untuk ganti, atau kondisi toilet yang tidak bersih membuat wanita lupa untuk mengganti pembalut saat menstruasi.

Padahal, jika kamu tidak menjaga kebersihan alat vital dan malas mengganti pembalut saat menstruasi dapat menimbulkan beberapa bahaya. Berikut HiMedik jelaskan beberapa bahaya tersebut.

1. Bakteri akan tumbuh semakin banyak

Membiarkan pembalut selama berjam-jam sama saja dengan menabung bakteri jahat yang akan mengacaukan pH vagina.

2. Bau vagina tidak sedap

Malas ganti pembalut akan membuat vagina kamu menjadi bau tidak sedap. Apalagi jika pembalut tersebut sudah penuh dengan darah menstruasi dan tetap kamu biarkan berlama-lama.

3. Kekeringan vagina

Pembalut (TheMagZone)
Pembalut (TheMagZone)

Tidak mengganti pembalut akan membuat vagina menjadi kotor. Vagina yang kotor akan menyerap semua pelumas di dalamnya sehingga bisa menyebabkan kekeringan vagina.

4. Penyakit herpes

Herpes sangat rentan menyerang wanita yang malas mengganti pembalut. Penyakit ini muncul karena kelembaban berlebihan yang dialami oleh vagina.

5. Tumbuh jamur

Jika terlalu lama tidak menggantinya, akan tumbuh jamur di vaginamu yang menyebabkan gatal dan keputihan yang parah.

Saat menstruasi, pembalut harus diganti selama tiga jam sekali. Jika pembalut sudah penuh dengan darah menstruasi, kamu bisa menggantinya lebih cepat dari tiga jam.

Berita Terkait

Berita Terkini