Wanita

8 Manfaat Mangga yang Sangat Penting Untuk Wanita Hamil

Mangga menjadi salah satu buah yang harus kamu makan saat kehamilan.

Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere

Manfaat mangga untuk wanita hamil. (The Pregnancy Advisor)
Manfaat mangga untuk wanita hamil. (The Pregnancy Advisor)

Himedik.com - Banyak konsumsi buah dan sayur selama masa kehamilan adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Buah mangga bisa menjadi satu diantara berbagai pilihan buah yang bisa kamu santap di tengah masa kehamilan.

Pasalnya buah mangga adalah sumber energi, antioksidan dan nutrisi penting yang sangat baik. Namun tetap penting untuk memantau porsi dan menghindari terlalu banyak makan.

Yang terbaik adalah mengonsumsi tidak lebih dari satu mangga sehari karena satu porsi mangga 100 gr mengandung sekitar 13.66 gr gula.

Berikut HiMedik berikan 8 manfaat makan buah mangga selama masa kehamilan, dikutip dari momjunction.

1. Mencegah anemia

Mangga kaya vitamin C dan zat besi. Zat besi sebanyak 0,16mg dalam 100 gr mangga bermanfaat untuk mengatasi anemia yang sering menjadi risiko bagi wanita hamil.

2. Asam folat membantu perkembangan janin

Mangga adalah sumber asam folat yang sangat penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Konsumsi mangga mencegah cacat saraf yang dapat terjadi pada awal kehamilan.

3. Serat membantu kesehatan pencernaan

Kandungan serat di mangga membantu kamu merasa kenyang untuk durasi yang lebih lama. Mangga juga membantu pencernaan dan mencegah sembelit yang dialami wanita hamil di trimester pertama.

Manfaat mangga untuk wanita hamil. (Kaboutjie)
Manfaat mangga untuk wanita hamil. (Kaboutjie)

4. Sumber antioksidan

Vitamin C dalam mangga bertindak sebagai antioksidan kuat yang membantu mengembangkan resistensi terhadap radikal bebas, yang dapat mengganggu perkembangan janin dan bahkan menyebabkan kanker. Vitamin C juga dapat menurunkan risiko kelahiran prematur.

5. Vitamin A untuk perkembangan bayi

Vitamin A yang berlimpah ditemukan di mangga, membantu pembentukan gigi dan tulang bayi. Ini juga penting untuk perkembangan sistem mata dan kekebalan tubuh dan membantu perkembangan jantung, paru-paru dan ginjal.

6. Vitamin B6 ideal untuk otak janin dan sistem saraf

Mangga juga merupakan sumber vitamin B6, yang memainkan peran dalam perkembangan otak janin dan sistem saraf.

7. Mencegah morning sickness

Rasa mangga yang segar membantu mencegah mual di pagi hari. Vitamin B6 dalam buah ini juga memainkan peran kunci dalam membebaskan kamu dari mual dan morning sickness.

8. Menyeimbangkan cairan tubuh

Ketika volume darah meningkat selama kehamilan, tubuh membutuhkan mineral ekstra. Mangga mengandung elektrolit seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium yang membantu dalam menjaga keseimbangan cairan. Elektrolit memastikan saraf, jantung, otak dan otot berfungsi sebagaimana mestinya.

Sering-sering konsumsi mangga ya, mom.

Berita Terkait

Berita Terkini