Info

Berkhasiat, Ini 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih ini pasti kamu belum pada tahu.

Stephanus Aranditio | Yuliana Sere

Manfaat bawang putih. (Healthline)
Manfaat bawang putih. (Healthline)

Himedik.com - Bawang putih bukan hanya menjadi bumbu dapur, tapi juga bisa sebagai obat yang sangat berkhasiat. Dengan banyaknya kenaikan harga bahan rumah tangga, bumbu dapur ini pun juga mengalami peningkatan harga.

Sudah terkenal sejak dulu, bawang putih memang memiliki efek kesehatan yang luar biasa. HiMedik berhasil mendapat 7 manfaat bawang putih dilansir dari healthline.

1. Mengandung senyawa obat yang ampuh

Bawang putih telah dikenal sejak peradaban Mesir, Babylonia, Yunani, Roma dan Cina. Menurut para ilmuwan, sebagian besar manfaat kesehatan disebabkan oleh adanya senyawa belerang yang terbentuk ketika bawang dicincang, dihancurkan atau dikunyah.

Senyawa yang terkenal dari bumbu dapur ini adalah allicin. Senyawa ini tak stabil yang muncul hanya sebentar ketika bawang dihancurkan.

Senyawa lain yang memainkan peran dalam manfaat kesehatan bawang putih termasuk diallyl disulfide dan s-allyl cysteine. Senyawa belerang dari bawang putih punya efek biologis yang diyakini memiliki manfaat kesehatan.

2. Memiliki kalori yang sangat sedikit

Bawang putih yang sangat bergizi ini memiliki beberapa kandungan gizi. Satu porsi bawang putih (28 gr) mengandung:

Mangan (23%), vitamin B6 (17%), vitamin C (15%), Selenium (6%) dan serat (0,6 gr). Selain itu, bawang juga dilengkapi dengan 42 kalori, 1,8 gr protein dan 9 gram karbohidrat.

3. Bisa menurunkan risiko penyakit pilek dan flu

Suplemen bawang putih dikenal untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu menemukan konsumsi bawang putih setiap hari mengecilkan risiko terkena pilek sebesar 63%.

Studi lain, konsumsi dosis bawang putih (2,56 gr) per hari bisa mengecilkan risiko terkena flu sebesar 61%.

Bawang putih/pexels
Bawang putih/pexels

4. Mengurangi tekanan darah

Penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke adalah pembunuh terbesar di dunia. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu pemicu utama penyakit ini.

Ekstrak bawang putih sebanyak 600 hingga 1500 mg bisa mengurangi tekanan darah selama 24 minggu. Ini sama efektifnya dengan obat Atenolol, salah satu obat untuk hipertensi.

5. Menurunkan kolesterol

Bawang putih dapat menurunkan kolesterol total dan LDL sekitar 10-15%. Tingkat trigliserida yang tinggi merupakan faktor risiko lain untuk penyakit jantung, tetapi bawang putih tampaknya tidak memiliki efek yang signifikan pada tingkat trigliserida.

6. Mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit alzheimer dan demensia

Kerusakan oksidatif dari radikal bebas berkontribusi pada proses penuaan. Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Bawang putih memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tulang dengan meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Ini menunjukkan bawang putih memiliki efek menguntungkan pada kesehatan tulang pada wanita.

Manfaat bawang putih apa lagi yang kamu tahu?

Berita Terkait

Berita Terkini