Wanita

Wow, Menyusui Bisa Mencegah Ibu dari Risiko Stroke, Menakjubkan!

Temuan terkini menunjukkan menyusui mencegah ibu dari stroke, penasaran? Simak ulasan dari peneliti.

Ririn Indriani

Ibu menyusui. (livingandloving.co.za)
Ibu menyusui. (livingandloving.co.za)

Himedik.com - Selama ini menyusui lebih sering dikaitkan dengan manfaat yang didapat bayi seperti mengurangi risiko infeksi dan penyakit, tetapi penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun juga telah menemukan manfaat potensial menyusui dapat mencegah ibu dari risiko stroke.

Ya, temuan terkini yang dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association menyebutkan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko sang ibu menderita stroke di kemudian hari.

"Beberapa penelitian telah melaporkan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko kanker payudara, kanker ovarium dan risiko diabetes tipe 2 pada ibu. Tapi baru-baru ini kami juga menemukan bahwa manfaat menyusui juga bagus untuk mencegah penyakit jantung dan kardiovaskular lainnya," ujar peneliti utama Lisette T. Jacobson, dari Kansas School of Medicine.

Untuk mendapatkan temuan ini, Lisette dan tim menganalisis data pada lebih dari 80.000 perempuan pascamenopause yang merupakan bagian dari studi observasional nasional Women's Health Initiative. Peserta yang direkrut antara rata-rata memiliki anak pada 1993-1998.

Jumlah waktu yang mereka habiskan untuk menyusui bervariasi di mana 58 persen responden perempuan melaporkan pernah menyusui. Di antara para kaum hawa ini, 51 persen menyusui selama 1 sampai 6 bulan, 22 persen selama 7 hingga 12 bulan, dan 27 persen selama 13 bulan atau lebih.

Para peneliti tidak hanya memeriksa kemungkinan hubungan antara menyusui dan risiko stroke untuk ibu, tetapi juga menganalisis etnis mereka. Penelitian ini diyakini sebagai salah satu studi pertama yang melakukannya.

"Temuan kami mengungkapkan risiko stroke 23 persen lebih rendah pada semua perempuan yang menyusui, 48 persen lebih rendah pada perempuan berkulit hitam, 32 persen lebih rendah pada perempuan Hispanik, dan 21 persen lebih rendah pada perempuan berkulit putih," tambah Lisette dilansir Medical Daily.

Namun ia menegaskan bahwa menyusui adalah salah satu cara yang efektif mencegah stroke. Seseorang, kata dia, juga harus menjalani hidup sehat, olahraga teratur dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

"Menyusui hanyalah salah satu dari banyak faktor yang berpotensi melindungi terhadap stroke. Perempuan juga harus olahraga yang cukup, memilih makanan sehat, tidak merokok dan mencari pengobatan jika diperlukan untuk menjaga tekanan darah, kolesterol dan gula darah dalam kisaran normal," terangnya mengenai manfaat menyusui yang ternyata dapat mencegah ibu dari risiko stroke. (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini