Wanita

Benarkah Bedak Bayi Bisa Sebabkan Kanker Ovarium?

Wanita harap perhatikan ini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Bedak bayi bisa sebabkan kanker ovarium. (Medscape)
Bedak bayi bisa sebabkan kanker ovarium. (Medscape)

Himedik.com - Masih banyak saat ini para wanita menggunakan bedak bayi bukan hanya di wajah, tapi juga di daerah sekitar Miss V. Diketahui, hal ini bermaksud agar daerah intim tersebut tetap kering.

Namun, tahukah kamu jika tindakan ini bisa saja mengancam nyawa?

Bedak bayi pada umumnya mengandung talc yang merupakan mineral alami yang juga bisa ditemukan pada kosmetik atau pun produk perawatan lainnya.

Manfaat dari talc itu sendiri meliputi mengurangi gesekan, mencegah ruam dan menyerap kelembapan.

Dr. Mary Jane Minkin, profesor klinis kebidanan ginekologi dan layanan reproduksi di Yale School of Medicine mengungkapkan talc sudah digunakan selama bertahun-tahun.

Kegunaan talc selain yang sudah disebutkan, bisa juga digunakan di sekitar alat kelamin orang dewasa untuk mencegah munculnya keringat.

Bedak bayi bisa sebabkan kanker ovarium. (Lieff Cabraser Heimann & Bernstein, LLP)
Bedak bayi bisa sebabkan kanker ovarium. (Lieff Cabraser Heimann & Bernstein, LLP)

Menurut American Cancer Society, talc mengandung asbes. Food and Drug Administration atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat membenarkan adanya kemungkinan hubungan antara talc dengan kanker ovarium.

Sebuah studi di tahun 2013 menganalisis hampir 20 ribu orang. Hasil yang didapat, mereka yang menggunakan bubuk talc memiliki risiko 20 sampai 30 persen terkena kanker ovarium daripada mereka yang sama sekali tidak memakai.

Riset berikutnya dilakukan pada 2014 dengan mengambil sampel sebanyak 60 ribu wanita, dan hasil yang didapat pun sama.

Temuan ini membuat para peneliti yakin bahwa menghindari penggunaan bubuk talc bisa menjadi jalan untuk mengurangi risiko kanker ovarium.

Di tahun 2010, Badan Penelitian Kanker Internasional - bagian dari WHO - menyimpulkan penggunaan talc di area kemaluan bisa saja bersifat karsinogenik (menyebabkan penyakit kanker).

''Penggunaan talc bisa menyebabkan kanker ovarium'', tutur Robyn Andersen, peneliti kanker ovarium.

Bubuk halus tersebut bisa masuk ke selaput lendir di saluran Miss V dan bisa menuju ovarium. Bubuk ini juga bisa menyebabkan radang yang akhirnya menjadi kanker.

Berita Terkait

Berita Terkini