Wanita

Sering Stres Saat Hamil? Coba Kelola dengan Cara Ini

Perhatikan cara mengelola stres saat hamil ya mom.

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Cara kelola stres saat hamil. (UCLA Newsroom)
Cara kelola stres saat hamil. (UCLA Newsroom)

Himedik.com - Ketika mengandung sang buah hati, kamu sebaiknya memang benar-benar harus memerhatikan kondisi fisik dan juga psikis. Ini penting sebab hal ini juga akan berdampak pada janin. Namun, terkadang ada saja masalah yang datang sehingga kamu menjadi stres.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres.

1. Berolah raga

Lakukan olahraga ringan seperti berenang atau jalan kaki seputar kompleks rumah. Ini harus sering dilakukan agar stres bisa berkurang. Latihan pernapasan dan yoga juga bisa jadi cara lain untuk mengelola stres.

2. Tidur lebih awal

Waktu tidur juga sangat berpengaruh dalam hal ini. Mendapatkan waktu tidur yang cukup bisa membuat kamu lebih rileks dan bebas dari stres.

Cara kelola stres saat hamil. (Verywell Family)
Cara kelola stres saat hamil. (Verywell Family)

3. Berlatih mengatakan tidak

Cobalah untuk katakan tidak pada sesuatu yang tidak bisa kamu kerjakan. Buat prioritas kegiatan yang bisa kamu lakukan serta biasakan meminta bantuan orang-orang terdekat ya.

4. Kurangi pekerjaan

Pekerjaan juga menjadi pemicu munculnya stres pada kamu yang tengah mengandung. Jika ada waktu luang, kamu sebaiknya istirahat di tempat tidur sambil membaca bacaan ringan.

5. Batasi informasi berlebihan

Informasi soal kehamilan bisa saja membuatmu makin stres dan membuat kamu merasa takut. Baik jika kamu mencari tahu info soal kehamilan atau kelahiran, namun yang sewajarnya saja ya.

Ingat, ketika kamu merasa stres maka sang buah hati juga merasakan hal yang sama. Bebaskan pikiran dari hal-hal yang bisa membuat kamu stres ya.

Berita Terkait

Berita Terkini