Info

4 Khasiat Tempe, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker

Selain cegah kanker, manfaat lainnya apa saja ya?

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Manfaat tempe. (upstation.id)
Manfaat tempe. (upstation.id)

Himedik.com - Tempe menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Bahkan, rasa-rasanya tempe sudah menjadi ikon bangsa Indonesia di beberapa negara. Dengan harga yang relatif murah, hampir di setiap rumah makanan, pasti ada makanan ini. Namun siapa sangka dibalik harganya, tempe ternyata punya banyak manfaat yang masih belum banyak yang tahu.

Kandungan serat, kalsium, vitamin B dan zat besi membuat tempe menjadi salah satu makanan bergizi yang harus ada dalam dietmu. Berikut beberapa manfaat tempe yang telah dirangkum HiMedik.

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Tempe mengandung magnesium. Kandungan ini penting untuk sistem kardiovaskular serta bertanggung jawab mencegah terjadinya pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, menjaga kekuatan tulang dan mencegah komplikasi diabetes.

2. Sumber energi

Tempe juga mengandung vitamin B2 atau riboflavin yang dibutuhkan dalam metabolisme karbohidrat, protein, lemak dan zat keton. Kekurangan vitamin B2 bisa memengaruhi produksi energi tubuh.

Manfaat tempe. (Radar Pekalongan)
Manfaat tempe. (Radar Pekalongan)

3. Menurunkan kolesterol jahat

Protein dalam tempe bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan kata lain, tempe bisa menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

4. Mencegah kanker

Ini manfaat yang mungkin tak semua orang tahu. Tempe mengandung isoflavon yaitu senyawa antioksidan yang berperan dalam memerangi kanker prostat, payudara dan kanker rahim.

Rajin-rajin makan tempe ya agar kamu bisa dapat beberapa manfaat di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini