Wanita

Yuk, Samarkan Stretch Mark dengan Tips Mudah Ini

Gampang banget kok caranya.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Samarkan stretch mark dengan cara ini. (dermeffacefx7.com)
Samarkan stretch mark dengan cara ini. (dermeffacefx7.com)

Himedik.com - Serat kolagen pada kulit bisa pecah jika kulit mengalami peregangan. Akibatnya, kulit biasanya meninggalkan bekas merah atau keunguan.

Seiring berjalan waktu, bekas ini akan memudar menjadi warna putih yang biasa kita sebut stretch mark.

Sebuah penelitian di American Journal of Obstetrics and Gynecology mengatakan hampir 90 persen wanita memiliki stretch mark selama masa kehamilan.

Jika kamu salah satu yang memiliki stretch mark, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menyamarkan bekas ini.

1. Lembapkan kulit

Kulit lembap bukan hanya dari luar, tapi juga harus didukung dari dalam. Minum air yang cukup, gunakan pelembap setelah mandi saat kulit basah dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan membantu menyamarkan stretch mark.

2. Gunakan tabir surya

Penggunaan sunscreen sangat penting. Ini bukan hanya membantu menyamarkan stretch mark tapi juga membantu membuat kulit menjadi sehat.

Paparan sinar matahari dapat membuat bekas ini menjadi lebih terlihat dan juga meningkatkan risiko kanker kulit. Gunakan tabir surya saat keluar rumah ya.

Samarkan stretch mark dengan cara ini. (stackedskincare.com)
Samarkan stretch mark dengan cara ini. (stackedskincare.com)

3. Gunakan minyak zaitun, almond atau cocoa butter

Ringkasan 6 uji klinis menemukan mencegah stretch mark dengan produk perawatan kulit topikal tidak berhasil. Selain itu, mengaplikasikan pelembab atau krim setelah bekas ini muncul tidak akan memiliki efek pada kulit.

Krim stretch mark mungkin tidak efektif, tetapi merawat kulit dengan benar dapat membantu kulit terlihat dan terasa baik.

Disamping beberapa cara di atas, ada juga cara lain yang mungkin bisa lebih efektif untuk menghilangkan stretch mark.

1. Terapi plasma kaya platelet (PRP)

Sebuah penelitian dalam Journal of Cosmetic and Laser Therapy menunjukkan terapi PRP digabungkan dengan perangkat ultrasound merupakan perawatan yang baik untuk mengurangi stretch mark.

2. Terapi laser

Terapi laser adalah salah satu perawatan terbaru untuk stretch mark yang efektif dalam mengurangi bekas ini.

American Society for Dermatologic Surgery (ASDS) merekomendasikan terapi laser atau cahaya sebagai cara untuk secara signifikan menghilangkan stretch mark.

3. Retin-A

Sebuah studi mengatakan tretinoin (asam retinoat) - krim yang mengandung 0,1 persen krim tretinoin bermanfaat untuk membantu mengurangi tanda peregangan ini.

Jika kamu merasa kurang percaya diri dengan adanya stretch mark, kamu bisa berkonsultasi ke dokter kulit kecantikan untuk pengobatan yang cocok dengan kulitmu.

Berita Terkait

Berita Terkini