Wanita

Tiga Langkah Mudah Hilangkan Cystic Acne

Salah satu jenis jerawat yang paling dibenci adalahcystic acne.

Rauhanda Riyantama

Cystic Acne. (MedicalNewsToday)
Cystic Acne. (MedicalNewsToday)

Himedik.com - Bagi sebagian besar wanita, jerawat menjadi musuh yang paling ditakuti. Sebenarnya bukan masalah yang berarti, tapi kehadirannya dianggap mengganggu penampilan.

Salah satu jenis jerawat yang paling dibenci adalah cystic acne atau jerawat batu. Jenis jerawat ini sangat sakit ketika disentuh dan tak jarang meninggalkan bekas yang susah hilang.

Dilansir dari Allure, ini empat langkah cepat untuk menyingkirkan cystic acne dari muka cantik kalian.

1. Mulai dengan salicylic acid

Obat jerawat biasa tidak akan mempan pada jerawat kistik yang hidup di bawah permukaan kulit. Sebagai gantinya, eksfoliasi kulit wajah dengan cleanser yang mengandung salicylic.

Kalau kulit cenderung kering, pakai gentle cleanser dan gunakan cleanser yang mengandung salicylic hanya di bagian kemerahannya saja.

2. Atasi bengkak dengan es batu

Es batu. (shutterstock)
Es batu. (shutterstock)

Temperatur es dingin membantu menyempitkan pembuluh darah. Jadi coba bungkus es batu dan tempelkan pada benjolan untuk mengurangi kemerahan dan menurunkan sedikit pembengkakan. Tempel sekitar 10 menit kemudian ulangi hal ini secara teratur.

3. Bunuh bakteri dengan benzoil peroksida

Benzoil peroksida mampu menghancurkan bakteri penyebab jerawat yang terperangkap di dalam folikel dan menyebabkan peradangan. Untuh mencegah iritasi, oleskan dahulu pelembap pada kulit baru.

Hal yang perlu diingat, mulai dengan krim benzoil peroksida dengan presentase terendah. Kalau ada sensasi terbakar atau menyengat, segera cuci. Karena itu berarti benzoil peroksida yang digunakan terlalu kuat.

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: 4 Langkah Cepat untuk Menyingkirkan Cystic Acne

Berita Terkait

Berita Terkini