Wanita

Panduan Push Up Untuk Wanita Pemula Beserta Manfaatnya

Jika kamu pemula dapat memulai dengan melakukan push up dinding.

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Push up. (Stack)
Push up. (Stack)

Himedik.com - Push up sangat bermanfaat bagi wanita. Bagi kamu yang baru melakukan latihan ini, jangan khawatir. HiMedik akan membantumu agar kamu bisa melakukannya dengan baik.

Latihan push up memang hanya menargetkan tubuh bagian atas yang mencakup dada, bahu, trisep, bisep, dan lengan bawah.

Nah, jika kamu seorang pemula, kamu dapat memulai dengan melakukan push up dinding selama beberapa minggu kemudian secara bertahap bergerak maju ke push up lutut.

Ketika tubuh bagian atas menjadi lebih kuat, kamu dapat bergerak ke push up penuh. Yang paling penting sebelum memulai latihan adalah menghangatkan otot-otot untuk mengurangi risiko cedera dan robeknya ligamen.

Pemanasan latihan seperti berjalan pada kecepatan yang cepat atau jogging lambat, melakukan lompat tali selama lima menit dan kemudian peregangan otot-otot lengan, bahu, punggung, dan dada, harus dilakukan sebelum melakukan push up.

1. Cara melakukan push up dinding

Push up dinding. (boldsky)
Push up dinding. (boldsky)

Berdiri di depan tembok dengan meletakkan telapak tangan di dinding setinggi bahu. Jaga kaki selaras dan mundur beberapa inci dari dinding.

Jaga agar tubuh tetap rata dan jangan menekuk lutut atau pinggul. Mulailah dengan menekuk siku dan mendekatkan dada ke dinding.

Perlahan-lahan kembali ke posisi awal dengan menekan telapak tanganmu di dinding untuk meluruskan lengan.

Push up dinding memberi keuntungan kepada wanita karena meningkatkan ukuran payudara mereka karena secara efektif bekerja pada lengan, bahu dan akhirnya meningkatkan ukuran otot dada.

2. Bagaimana melakukan push up lutut?

Push up lutut. (YouTube)
Push up lutut. (YouTube)

Telapak tangan harus kokoh di tanah. Tarik napas dan turun kemudian bangkit kembali. Ulangi. Manfaat push up lutut adalah latihan tubuh bagian atas yang memperkuat otot-otot inti, meningkatkan tingkat metabolisme dan mengurangi pengeroposan tulang.

3. Bagaimana melakukan push up penuh?

Push up penuh. (boldsky)
Push up penuh. (boldsky)

Tangan diletakkan dengan kuat di tanah. Turunkan tubuh sampai dada menyentuh lantai dan sambil menurunkan diri badan, tekuk siku dengan menariknya lebih dekat ke tubuh sedemikian rupa sehingga membentuk sudut 45 derajat.

Tetap dalam posisi ini untuk sementara dan kemudian dorong kembali ke posisi awal secepat mungkin. Manfaat push up penuh adalah meningkatkan kekuatan lengan dan membangun stamina.

Pada saat yang sama, itu akan meningkatkan kesehatan jantung dan postur tubuh serta mencegah cedera punggung bawah.

4. Bagaimana melakukan bench push up?

Bench push up. (boldsky)
Bench push up. (boldsky)

Letakkan tangan di sisi bangku selebar bahu. Tubuh harus lurus dengan pinggul, tumit, dan bahu.

Tekuk siku dan turunkan dada ke arah tepi bangku. Dorong bangku menjauh darimu dan luruskan siku lalu kembali ke posisi awal.

Manfaat bench push up adalah menargetkan otot dada, trisep dan bahu depan.

Setelah melakukan latihan, dinginkan tubuh dengan berjalan selama 5 menit agar denyut jantung kembali normal.

Kemudian regangkan otot untuk mengeluarkan asam laktat yang dapat menyebabkan nyeri otot dan ketidaknyamanan. Asam laktat diproduksi oleh otot selama latihan intens.

Apa manfaat keseluruhan push up untuk wanita?

1. Menguatkan tubuh bagian atas

Dibandingkan pria, wanita memiliki kekuatan tubuh bagian atas dan massa otot yang lebih sedikit. Dan push up memperkuat lengan bawah wanita, bisep, trisep dan punggung lengan.

Otot-otot dada juga diperkuat untuk memberikan payudara, bahu dan otot punggung atas yang lebih kuat

2. Meningkatkan stabilitas inti

Stabilitas inti adalah kemampuan untuk mengendalikan postur dan pergerakan tubuh wanita.

Sebagai seorang pemula, 10 push up sudah cukup untuk memulai. Setelah kamu terbiasa, lakukan hingga 20 push up. Istirahatkan tubuhmu selama beberapa menit di antara berbagai jenis push up.

Berita Terkait

Berita Terkini