Info

Makan Cokelat Mampu Menurunkan Berat Badan, Kok bisa?

Sebuah penelitian membuktikan mereka yang diet cokelat lebih cepat 10% mengalami penurunan berat badan.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi makan cokelat (sinchew)
Ilustrasi makan cokelat (sinchew)

Himedik.com - Bagi kebanyakan orang, cokelat adalah salah satu makanan favorit dan sulit untuk dihindari. Di balik itu, cokelat juga merupakan makanan yang sangat dihindari bagi mereka yang sedang diet.

Bagi mereka yang dalam program diet, cokelat adalah musuh terbesar karena memiliki kandungan gula yang tinggi dan dapat menaikkan berat badan dengan cepat.

Tapi ternyata, asumsi seperti itu salah. Justru sebaliknya, cokelat dapat menurunkan berat badan. Loh kok bisa?

Will Clower, Ph.D., seorang ahli saraf yang berhasil menerbitkan buku Eat Chocolate, Lose Weight. Ia mengungkapkan bahwa makan cokelat 20 menit sebelum dan lima menit setelah makan siang dan makan malam dapat menurunkan nafsu makan hingga 50 persen.

Ilustrasi makan cokelat (estaticos.elmundo)
Makan cokelat. (estaticos.elmundo)

Hal ini juga dibuktikan dalam penelitian dari Institute of Diet and Health di Meinz, German. Mereka membandingkan peserta yang sedang diet rendah karbohidrat dan diet cokelat.

Hasilnya, peserta yang sedang dalam diet cokelat mengalami penurunan berat badan sebanyak 10% lebih cepat dibandingkan dengan peserta yang diet rendah karbohidrat.

Salah satu peneliti bernama Johannes Bohannon menduga, hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoid pada biji kakao, sejenis antioksidan kuat yang terbukti ampuh menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi serta menghambat pemecahan lemak dan karbohidrat dalam tubuh.

Selain menurunkan berat badan, cokelat juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Jadi, jangan khawatir lagi untuk makan cokelat ya.

Berita Terkait

Berita Terkini