Info

Penasaran, Kok Bisa Ada Orang Pemberani? Ini Temuan Ahli

Sekelompok sel dalam hippocampus diyakini berperan saat tindakan penuh risiko diambil dan berkaitan dengan kecemasan.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi otak. (ladybusiness.pl)
Ilustrasi otak. (ladybusiness.pl)

Himedik.com - Hingga kini otak masih menjadi misteri banyak orang. Bahkan, para ilmuwan rela melakukan serangkaian penelitian demi mengetahui berbagai rahasia di dalamnya. 

Terbaru, para ilmuwan dari Uppsala University, Swedia dan Federal University of Rio Grande do Norte, Brasil berhasil menemukan bagian atau sel otak yang bisa membuat seseorang pemberani.

Temuan ini yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications menyebutkan sekelompok sel dalam hippocampus yang diyakini berperan saat tindakan penuh risiko diambil dan berkaitan dengan kecemasan.

Hippocampus sendiri merupakan bagian otak yang bertanggung jawab untuk memproses ingatan jangka panjang dan respon emosional.

Dalam risetnya para ilmuwan menunjukkan bahwa beberapa sel syaraf yang dikenal sebagai sel-sel OLM memproduksi sebuah tipe gelombang otak ketika dirangsang.

Gelombang-gelombang ini biasanya terdeteksi atau lazim ditemukan pada binatang ketika mereka merasa aman, meski berada dalam lingkungan penuh bahaya. Misalnya, ketika sedang bersembunyi saat diburu predator.

Manipulasi pada sel-sel OLM ini diketahui bisa memengaruhi kecemasan dan mendorong binatang untuk mengambil risiko.

Temuan ini bisa bermanfaat untuk mengobati kondisi gangguan kecemasan atau anxiety disorder pada manusia. Mereka yang mengalami kondisi ini diketahui sering kali sangat takut mengambil risiko.

Kecemasan sendiri, dalam kondisi normal, sangat penting karena membantu manusia mengatasi ancaman dan melindungi diri dari bahaya. Tetapi mereka yang mengalami anxiety disorder biasanya merasakan kecemasan yang luar biasa sehingga kualitas hidup mereka menurun.

Lazimnya mereka yang menghadapi masalah ini diberikan obat antidepresi. Sayangnya obat seperti ini memiliki efek samping terhadap otak. Karenanya temuan para ilmuwan dalam studi ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan cara perawatan baru yang lebih tepat sasaran.

Artikel terkait dimuat Suara.com dengan judul: Ilmuwan Temukan Sel Otak yang Picu Keberanian

Berita Terkait

Berita Terkini