Wanita

Penyebab Wanita Memiliki Kumis

Tumbuhnya kumis pada wanita disebabkan oleh kelebihan hormon androgen.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi menghilangkan kumis. (pinterest)
Ilustrasi menghilangkan kumis. (pinterest)

Himedik.com - Pada dasarnya, melihat wanita memiliki kumis bukanlah hal yang aneh. Kondisi ini kerap dijumpai namun membuat beberapa wanita menjadi tidak percaya diri.

Wanita berkumis termasuk dalam kasus hirsutisme yaitu kondisi di mana tubuh (dalam hal ini wajah) tumbuh rambut yang tak diinginkan.

Dalam dunia medis, pertumbuhan ini dikaitkan dengan kelebihan hormon androgen (hormon laki-laki) dalam tubuh wanita. Selain itu beberapa faktor di bawah juga bisa menyebabkan wanita memiliki kumis.

Ilustrasi menghilangkan kumis. (pinterest)
Ilustrasi menghilangkan kumis. (pinterest)

1. Sindrom cushing
Merupakan gangguan hormonal yang menyebabkan wajah serta leher bengkak. Sindrom ini juga menyebabkan berat badan bertambah secara tiba-tiba.

2. Obat
Konsumsi obat-obatan tertentu seperti steroid anabolik juga bisa membuat kumis tumbuh. Obat tersebut biasanya digunakan untuk membentuk otot dan meningkatkan performa atletik.

3. PCOS
Polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan kondisi yang mengakibatkan menstruasi tidak teratur. Tak sesederhana itu, sindrom ovarium polikistik juga membuat wanita sulit hamil.

4. Hiperplasia adrenal kongenital
Merupakan gangguan genetik pada kelenjar adrenal.

Selain keempat hal di atas, faktor kesehatan lain seperti obesitas dan tumor juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya kumis. Maka dari itu jika tumbuhnya kumis disertai dengan adanya keluhan, maka segera konsultasikan pada dokter yang ahli di bidangnya.

Namun, jika tidak, besar kemungkin kumis muncul karena kelebihan hormon androgen. Jadi, tidak perlu khawatir ya ladies!

Berita Terkait

Berita Terkini