Wanita

Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Pilih hijab yang berbahan katun atau bahan lain yang ramah dengan rambut.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Wanita berhijab. (dreamstime)
Wanita berhijab. (dreamstime)

Himedik.com - Hijab jangan jadikan alasan untuk malas merawat rambut. Dengan dalih tidak ada yang melihat, bukan berarti kesehatan dan kecantikan rambut bisa kamu abaikan.

Padahal faktanya, kamu yang berhijab malah membutuhkan perawatan rambut ekstra karena kondisi rambut yang berjam-jam tertutup kain hijab. Di bawah ini ada beberapa tips merawat rambut bagi kamu yang berhijab.

1. Pastikan rambut benar-benar kering sebelum memakai hijab

Mengikat rambut ketika masih basah bisa menyebabkan ketombe muncul. Selain itu rambut basah lebih rentan dan sensitif terhadap kerusakan.

Jadi, biarkan rambut kering secara alami dengan cara mengangin-anginkan dan mengelapnya dengan handuk, karena menggunakan pengering rambut secara terus menerus juga bisa sebabkan kesehatan rambut terganggu.

Ilustrasi mengeringkan rambut. (iStock)
Ilustrasi mengeringkan rambut. (iStock)

2. Pilih hijab yang berbahan katun atau semacamnya

Kain katun memiliki sifat dingin dan mudah menyerap keringat. Hal ini tentunya cocok dipilih sebagai bahan hijab supaya tidak merasa kepanasan.

Selain itu, perhitungkan juga pemilihan bahan lain yang ramah pada rambut. Hal ini penting untuk diperhatikan karena setiap hari rambut harus tertutupi oleh kain hijab yang kamu pilih. Sehingga jika asal memilih bahan kain hijab, bukan tidak mungkin kesehatan rambutmu terganggu.

3. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut terlalu kencang membuatnya menjadi mudah rontok. Apalagi di bawah hijab rambut kurang mendapat udara bebas. Jadi, longgarkan ikatanmu supaya rambut tidak makin tersiksa.

4. Gunakan masker rambut

Banyak produk masker rambut yang dijual di pasaran. Kamu bisa menggunakan salah satunya sebagai rangkaian perawatan rambut.

Ilustrasi menggunakan masker rambut. (iStock)
Ilustrasi menggunakan masker rambut. (iStock)

Selain itu, setidaknya setiap sekali dalam seminggu selama 20 menit duduklah di bawah paparan sinar matahari pagi sembari memijat rambut dan kepala. Pasalnya kandungan vitamin D dalam sinar matahari pagi mampu membantu kesehatan kulit kepala dan rambut.

Ketika kamu di rumah dan sedang tidak mengenakan hijab, gerai rambutmu dan sisirlah. Jangan terus menerus mengikatnya. Konsumsi juga makanan yang nutrisinya baik untuk kesehatan rambut seperti bayam, telur, dan ikan salmon.

Berita Terkini