Wanita

Kesalahan dalam Cuci Muka yang Sering Tidak Disadari

Beberapa orang melewatkan cuci tangan sebelum membersihkan muka. Sadarlah, tanganmu banyak bakterinya!

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi cuci muka. (pixabay)
Ilustrasi cuci muka. (pixabay)

Himedik.com - Hal yang terlintas di pikiran ketika akan membersihkan wajah adalah mengusir kotoran dan kuman di wajah. Sayangnya, hal tersebut sering membuatmu tidak menyadari atau bahkan mengabaikan hal-hal di bawah ini.

1. Terlalu keras menggosok wajah

Beberapa orang beranggapan bahwa semakin keras menggosok wajah, maka kotoran akan semakin mudah terangkat. Padahal hal tersebut bukan jaminan kulit wajah menjadi makin bersih, lho.

Sebaliknya, menggosok wajah dengan keras bisa menyebabkan iritasi, peradangan pada kulit, hingga kerusakan pembuluh darah. Jadi, mulai sekarang gosok lembut wajahmu ketika cuci muka.

2. Tidak membersihkan make-up

Penting untukmu membersihkan make-up sebelum mencuci wajah. Hal ini untuk menghindari riasan tertinggal di wajah, meskipun kamu sudah membersihkannya dengan sabun cuci muka.

Gunakan cairan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit, barulah lakukan pencucian wajah.

Ilustrasi wajah dengan make-up. (pixabay)
Ilustrasi wajah dengan make-up. (pixabay)

3. Tidak cuci tangan terlebih dahulu

Banyak orang yang tidak sadar melakukan hal ini. Tanpa cuci tangan, langsung meraih pembersih muka dan mengoleskannya pada wajah.

Padahal tanganmu telah bersentuhan dengan benda-benda yang mungkin dipenuhi bakteri. Sehingga bakteri yang ada pada tangan bisa berpindah ke wajah.

4. Sabun muka terlalu banyak

Semakin banyak sabun muka yang digunakan, tidak menjadi jaminan muka akan jadi semakin bersih. Perlu kamu ingat, bahwa sabun muka mengandung bahan kimia yang bisa membuat kulit iritasi jika penggunaannya terlalu berlebihan.

Nah, kebiasaan mana nih yang sering kamu lakukan? Mulai sekarang jangan ulangi lagi empat kesalahan dalam cuci muka yang telah dipaparkan di atas ya.

Berita Terkait

Berita Terkini