Wanita

Empat Kebiasaan Berikut Bisa Bikin Bulu Mata Rontok

Bulu mata palsu dapat menekan folikel bulu mata asli, dan jika digunakan secara terus menerus bisa menyebabkan kerontokan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Bulu mata. (pixabay)
Bulu mata. (pixabay)

Himedik.com - Demi menampilkan riasan yang sempurna, terkadang wanita mengabaikan hal-hal yang sebenarnya bisa merusak penampilan. Salah satunya yaitu perihal rontoknya bulu mata.

Di sisi lain, meski tak begitu kentara, polesan pada bulu mata memang memiliki andil dalam sempurnakan keindahan mata. Lalu, apa saja sih kebiasaan yang bikin bulu mata rontok?

1. Menggunakan penjepit bulu mata

Alat ini kerap kali digunakan para wanita supaya bulu mata terlihat lebih lentik. Padahal penggunaannya bisa bikin bulu mata jadi mudah rontok, lho.

Hal ini karena ketika menggunakan penjepit, terkadang kelopak mata tidak sengaja ikut tertarik. Sehingga bisa mengakibatkan bulu mata lepas dari akarnya.

Penjepit bulu mata. (pixabay)
Penjepit bulu mata. (pixabay)

2. Menggunakan maskara

Maskara memang dapat membuat tampilan bulu mata menjadi lebih tebal dan lentik. Di sisi lain, maskara membuat bulu mata menjadi kaku. Sehingga butuh usaha lebih ketika ingin membersihkan.

Alhasil pembersihan bulu mata yang kurang hati-hati dan terlalu keras, bisa memicu kerontokan bulu mata.

Ilustrasi menggunakan maskara. (pixabay)
Ilustrasi menggunakan maskara. (pixabay)

3. Menggunakan bulu mata palsu

Bulu mata palsu merupakan alternatif mudah ketika kamu malas menggunakan maskara. Tapi, perlu kamu tahu bahwa penggunaan bulu mata palsu dapat menekan folikel bulu mata asli, dan jika digunakan secara terus menerus, bulu mata asli akan mengalami kerontokan.

Ilustrasi bulu mata palsu. (pixabay)
Ilustrasi bulu mata palsu. (pixabay)

4. Mengucek mata

Mengucek mata juga bisa menyebabkan bulu mata lepas dari akarnya. Selain itu mengucek mata juga bisa membahayakan mata.

Pasalnya kamu tidak tahu bakteri apa yang terdapat dalam telapak tanganmu. Bakteri tersebut bisa saja membuat matamu infeksi.

Ladies, sah-sah saja ingin mempercantik penampilan. Tapi, kamu juga harus hati-hati ya, jangan sampai malah merusak kesehatan termasuk bulu mata.

Berita Terkait

Berita Terkini