Wanita

Wajah Sering Berminyak? Ini Cara Merawatnya

Selain tampak kusam, kulit berminyak juga dapat menimbulkan komedo dan jerawat.

Rauhanda Riyantama

Wajah cantik dan sehat. (pexels)
Wajah cantik dan sehat. (pexels)

Himedik.com - Bagi wanita kondisi kulit wajah sangat menentukan penampilan. Betapa tidak, wajah terdapat kerutan sedikit saja sudah bisa menjadi masalah tersendiri. Apalagi jika kulit wajah sampai berminyak, maka otomatis wajah tampak kusam.

Selain tampak kusam, kulit berminyak juga dapat menimbulkan komedo dan jerawat. Meskipun memiliki kulit wajah berminyak ada manfaatnya, namun seyogyanya tetap dirawat supaya nampak sehat dan kadar minyak terkontrol.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips mudah menangani kulit wajah berminyak.  

1.  Jangan lupa gunakan pelembap

Banyak wanita yang masih salah tentang pemakaian pelembap untuk kulit wajah berminyak. Banyak yang mengira karena wajah sudah berminyak, maka pelembap wajah tak diperlukan lagi. Ternyata hal ini salah besar.

Apapun jenis kulitnya, pelembap tidak boleh dilewatkan sama sekali. Pilihlah pelembap yang berbahan dasar air dan memiliki label oil free. Produk ini akan tetap menghidrasi wajah tanpa membuatnya semakin berminyak.

2. Pilihlah skincare yang tepat

Skincare. (pexels)
Skincare. (pexels)

Kulit wajah berminyak memang membutuhkan produk perawatan yang cocok dan tepat. Terutama skincare yang dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak di wajah tanpa membuatnya menjadi kering.

Untuk sabun pencuci wajah, disarankan memilih yang mempunyai bahan dasar gel. Ini sangat pas dipakai untuk wajah berminyak.

3. Hindari makanan berminyak

Salah satu cara merawat kulit wajah berminyak adalah dengan menghindari makanan berminyak. Ternyata makanan berminyak yang sering dikonsumsi adalah salah satu penyebab kulit wajah sangat berminyak.

Maka dari itu, ada baiknya mengurangi makanan berminyak dan berlemak tinggi seperti gorengan. Kamu bisa menggantinya dengan sayur-sayuran dan buah-buahan yang penuh dengan vitamin dan kandungan baik untuk kecantikan kulit.

4. Memakai masker khusus wajah berminyak

Sheet mask. (pexels)
Sheet mask. (pexels)

Bisa juga menggunakan sheet mask yang banyak dijual di pasaran. Disarankan untuk menggunakan masker khusus perawatan kulit berminyak. Kalau lebih suka dengan masker wajah alami, bisa membuat masker dari bahan-bahan seperti madu, lemon, kentang, atau yoghurt.

Memakai masker wajib dilakukan agar kulit wajah tetap terawat. Disarankan minimal memakai masker dua kali dalam seminggu ya.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi masalah kulit wajah berminyak. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Ini Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Berita Terkait

Berita Terkini