Wanita

Ingin Operasi Sedot Lemak Seperti Ratna Sarumpaet, Perhatikan Ini

Sedit lemak pipi atau liposuction cheeks juga menimbulkan risiko dan efek samping.

Rauhanda Riyantama

Ratna Sarumpaet. (Suara.com/Muhaimin A Untung)
Ratna Sarumpaet. (Suara.com/Muhaimin A Untung)

Himedik.com - Berita dugaan penganiayaan yang mengakibatkan luka lebam pada wajah Ratna Sarumpaet ternyata hanya bualan belaka. Sebab saat melakukan konferensi pers ia mengaku tidak dianiaya, melainkan karena efek operasi plastik untuk sedot lemak pipi.  

Pengakuan Ratna Sarumpaet  tersebut diungkapkannya di konferensi pers yang digelar di kediamannya, Jalan Kampung Melayu Kecil 5 No 24, Jakarta Selatan, Rabu (3/10/2018),

Ratna Sarumpaet mengakui pada 21 September 2018 pergi ke Rumah Sakit Khusus Bina Estetika, Menteng, Jakarta. Fakta ini tentu saja sangat mengejutkan dan banyak orang geram dibuatnya. 

”Di sana saya menjalani operasi sedot lemak pipi kiri, pipi kanan. Setelahnya, wajah saya memang lebam. Ketika pulang ke rumah, saya ditanya anak-anak saya soal wajah itu. Akhirnya saya bilang dianiaya. Hanya main-main. Cerita itu juga untuk konsumsi internal, ternyata sampai ke publik,” jelasnya.

Tindakan operasi sedot lemak pipi yang dilakukan Ratna Sarumpaet memang dapat menimbulkan lebam. Di usia yang ke-70 tahun, memang wajar jika ibu dari aktris Atiqah Hasiholan itu ingin penampilannya tetap cantik.

Bagi yang penasaran dengan operasi sedot lemak pipi seperti yang dilakukan Ratna Sarumpaet, berikut penjelasannya.

Dikutip dari Alanmatarassomd, sedot lemak pipi atau liposuction cheeks adalah salah satu tindakan medis yang bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengecilkan pipi atau pipi chubby.

Sedot lemak dilakukan untuk mengangkat lemak di pipi dengan metode menyuntikkan cairan ke area pipi guna menghancurkan lemak, lalu mengisap, dan dikeluarkan.

Tindakan ini tergolong efektif karena prosesnya cepat. Namun, seperti tindakan operasi sedot lemak lainnya, liposuction cheeks juga menimbulkan risiko dan efek samping.

Persis, seperti yang dialami Ratna Sarumpaet, yaitu menimbulkan bekas luka, bengkak di wajah, rasa perih, dan tidak nyaman. Secara umum, efek tersebut akan mereda setelah satu pekan tindakan dilakukan.

Dr. Matarasso, ahli bedah plastik di New York memaparkan bahwa prosedur melakukan sedot lemak pipi lebih disarankan kepada mereka yang memiliki kulit elastis, sehingga hasil kontur wajah terlihat lebih estestis di bagian tengah.

Namun, bagi pasien yang kulitnya tidak begitu elastis, mungkin perlu perawatan tambahan seperti facelift agar lebih kencang.

Terlepas dari upaya operasi plastik yang dilakukan Ratna Sarumpaet. Kenyataan bahwa berita penganiayaan ini hoaks, pasti membuat masyarakat geram. 

Artikel terkait dimuat Suara.com dengan judul: Kenali Sedot Lemak Pipi yang Dilakukan Ratna Sarumpaet

Berita Terkait

Berita Terkini