Wanita

Inspiratif, Kisah Aktivis Cantik Berkursi Roda Asal Pakistan

Muniba Mazani merupakan seniman dan model berkursi rodapertama di Pakistan.

Rauhanda Riyantama

Muniba Mazani. (Instagram/muniba.mazari)
Muniba Mazani. (Instagram/muniba.mazari)

Himedik.com - Baginya, terlahir sebagai perempuan menjadi kodrat terindah dari Tuhan. Begitulah kira-kira gambaran yang pantas disematkan pada Muniba Mazari, seorang aktivis cantik asal Pakistan.

Tak hanya menjadi aktivis, Muniba Mazani merupakan seniman dan model berkursi roda pertama di Pakistan. Meski demikian, ia sangat dicintai masyarakat dan negaranya.

Dilansir dari BBC, Muniba Mazani bahkan mendapat julukan The Iron Lady of Pakistan. Julukan tersebut berhubungan dengan kisah hidupnya yang menginspirasi meski dipenuhi dengan keterbatasan.

Alkisah, Muniba Mazani mengalami kecelakaan tragis yang membuatnya harus menyerah di atas kursi roda. Insiden nahas itu terjadi pada 2007, kala ia berada di dalam mobil bersama seorang pria yang dulu adalah suaminya, Khurram Shahzad.

Muniba Mazani. (Instagram/muniba.mazari)
Muniba Mazani. (Instagram/muniba.mazari)

Hari itu sang suami tertidur saat menyetir sehingga mereka mengalami kecelakaan hebat. Muniba Mazani pun terluka parah hingga tak bisa merasakan kakinya lagi. 

Lantas ia dirawat di rumah sakit sampai dua tahun lamanya. Selama itu pula ia hanya berbaring di atas tempat tidur. 

Nampaknya nasib sial terus menghampiri wanita 31 tahun itu. Kala divonis tidak bisa berjalan dan harus menggunakan kursi roda, suaminya menceraikan dan meninggalkannya begitu saja. Pun juga ayahnya turut meninggalkan keluarganya.

Saat itu pula Muniba Mazani merasa dalam kondisi hidup paling rendah. Ia hanya bisa pasrah dan tak berdaya. Namun akhirnya ia sadar, bahwa hidup tak boleh menyerah dengan keadaan seperti apapun. 

Suatu hari, wanita yang kini diangkat menjadi duta PBB untuk Pakistan ini mulai mencoba melukis di atas tempat tidurnya. Ini ia lakukan sebagai rasa pelampiasan agar tidak menyerah dalam menghadapi ujian hidup.

Tak disangka, nasib baik menghampirinya. Seorang gubernur menjenguknya dan membeli semua lukisannya. 

Sejak saat itulah Muniba Mazani kian populer dan karya seninya makin diminati banyak orang. Rerata tema dari lukisannya adalah tentang wanita Pakistan dan seorang wanita yang berusaha mengejar cita dan mimpinya. 

Banyak orang berpendapat, Muniba Mazani bukanlah seniman biasa. Ia adalah bidadari yang mempunyai keteguhan hati yang luar biasa. Ia tetap menginspirasi dengan segala kiprah kemanusiaan dan semangat hidupnya.

Tercatat, ia terlibat aktif dalam kegiatan kemanusiaan melalui organisasi yang didirikannya, yaitu Muniba Mazari Foundation. Organisasi ini membuat gerakan food drive, yaitu memberikan makanan lezat pada mereka yang membutuhkan.

Muniba Mazani. (Instagram/muniba.mazari)
Muniba Mazani. (Instagram/muniba.mazari)

Bahkan, sekarang ia sangat populer sebagai model yang dikontrak oleh beberapa brand besar, seperti The Body Shop dan Pond's.

Selain itu, ia juga sering diundang ke berbagai negara karena sosoknya yang sangat menginspirasi. Muniba Mazari pun masuk dalam daftar 100 wanita paling inspiratif di dunia yang dirilis oleh BBC.

Saat Muniba Mazari sedang berada di atas puncak popularitas, ia mendapatkan cobaan baru. Sang mantan suami tiba-tiba melayangkan gugatan atas tuduhan melakukan kebohongan publik dan telah melakukan pencemaran nama baik. Ini berkaitan dengan peristiwa kecelakaan tragis yang mereka alami.

Menghadapi masalah yang ditimbulkan sang mantan suami, Muniba Mazari pun memilih untuk tidak berkomentar banyak. Ia memilih tetap fokus melakukan kegiataan kemanusiaan, berbagai kisah inspiratifnya ke berbagai negara, dan menjalani terapi untuk bisa berdiri lagi. Muniba Mazari menyerahkan semua permasalahan tersebut pada pengacaranya.

Nah, itulah sedikit cerita inspiratif dari sosok Muniba Mazani. Semoga kisah aktivis cantik asal Pakistan ini bisa menginspirasi banyak orang yang sedang merasa putus asa menjalani hidupnya.

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Kisah Inspiratif Aktivis Cantik Berkursi Roda asal Pakistan

Berita Terkait

Berita Terkini