Wanita

Lima Aturan Makan Saat Hamil Agar Bayi Sehat dan Bersih

Ibu hamil memerlukan nutrisi yang banyak untuk kesehatan dirinya dan juga bayinya.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ibu hamil (pixabay)
Ibu hamil (pixabay)

Himedik.com - Ibu hamil tentu memiliki aturan makan yang berbeda dengan ibu-ibu lainnya. Sebab ibu hamil memerlukan nutrisi yang banyak untuk kesehatan dirinya dan juga bayinya.

Elizabeth M. Ward, R.D., penulis Pregnancy Nutrition: Good Health for You and Your Baby (John Wiley) mengatakan bahwa aturan makan ibu hamil memiliki peran penting bagi kesehatan anak di masa depan.

Aturan makan ini cukup mudah dan sederhana, sebagai berikut.

1. Protein

Ibu hamil butuh 10 gram ekstra protein setiap hari untuk pertumbuhan janin. Protein dapat ditemukan di daging sapi, kedelai, susu, ikan, kacang, telur, dan ayam.

Untuk kacang, bumil dapat memilih kacang hijau atau air rebusan kacang hijau. Selain untuk pertumbuhan janin, kacang hijau juga mampu membuat kulit janin bersih karena tingginya kandungan protein dan asam folat di dalamnya.

2. Folat

Folat dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin. Bumil disarankan mengonsumsi folat di trimester pertama kehamilan. Folat dapat terpenuhi dengan mengonsumsi jus jeruk, bayam, sereal, lentil, brokoli, pasta, dan nasi.

3. Kalsium

Janin akan mengambil kebutuhan kalsiumnya dari tulang sang ibu untuk pertumbuhan gigi dan tulangnya. Maka itu, bumil harus memenuhi kebutuhan kalsium secara maksimal agar terhindar dari osteoporosis.

Konsumsilah susu, yogurt, keju, almond, susu kedelai, dan tahu untuk mendapatkan kalsium.

4. Serat

Konsumsi makanan berserat membuat bumil merasa kenyang dan puas. Selain itu, serat mampu menangkal konstipasi dan wasir yang sering mewabah pada ibu hamil.

Makanan kaya serat dapat ditemukan di roti, wortel, tomat, jeruk, apel, sereal gandum, dan pasta.

5. Lemak

Lemak sangat penting bagi pertumbuhan otak dan sistem saraf pusat janin.

Mengonsumsi alpukat, salmon, minyak zaitun, dan minyak bunga matahari dapat memenuhi kebutuhan lemak sehat pada bumil.

Berita Terkait

Berita Terkini