Wanita

Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Dianjurkan

Salah satunya adalah posisi miring dengan kaki lebih tinggi.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi posisi tidur ibu hamil. (pixabay)
Ilustrasi posisi tidur ibu hamil. (pixabay)

Himedik.com - Jika usia kandungan kamu sudah menginjak di bulan ke 5, maka ulasan mengenai posisi tidur ibu hamil 5 bulan ini akan sangat membantu. Pasalnya dengan ukuran perut yang semakin membesar tentu membuat tidur menjadi tidak nyaman, dan pergerakan juga menjadi terganggu.

Selain itu, kesehatan ibu dan janin juga akan terganggu jika tidur dengan posisi yang salah. Lalu, bagaimana seharusnya posisi tidur ibu hamil saat usianya menginjak umur 5 bulan? Menurut beberapa ahli kesehatan, miring merupakan posisi tidur yang paling nyaman dan sangat dianjurkan. Selain itu, tidur dengan posisi kaki lebih tinggi dan bersandar juga bisa menjadi pilihan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Posisi Miring Biasa

Telah disinggung di atas bahwa miring merupakan posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang sangat dianjurkan. Lebih tepatnya yaitu posisi miring ke kiri. Pada posisi tersebut tak hanya rasa nyaman yang akan didapatkan sang ibu, tapi kesehatannya beserta si bayi juga turut aman.

Dikatakan demikian karena dengan posisi seperti itu, vena cava inferior yang terletak di tulang punggung bagian kanan tidak akan tertekan. Jelas saja hal tersebut membuat nutrisi yang diperoleh janin dari ibu menjadi lebih lancar, begitu pula dengan aliran darah.

Tidak hanya itu, posisi miring ke kiri juga akan menguntungkan salah satu organ vital tubuh yakni ginjal. Dengan memiringkan badan ke kiri akan membuat ginjal melakukan fungsinya dengan baik dalam membuang racun dan kelebihan cairan.

Namun meskipun posisi miring ke kiri memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, sesekali mengubah posisi ke arah kanan juga tidak sepenuhnya salah. Hal ini sebagai variasi ketika merasa capek dengan tidur yang hanya pada satu posisi.

2. Posisi Miring dengan Kaki Lebih Tinggi

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang dianjurkan selanjutnya yaitu miring dengan kaki lebih tinggi. Jadi posisi ini sama halnya seperti poin sebelumnya, namun bisa kamu variasikan dengan meletakan kaki di atas bantal.

Hal tersebut berfungsi untuk mengalirkan darah balik dari kaki menuju jantung sehingga mencegah terjadinya pembengkakan. Seperti yang telah kamu ketahui, bahwa ibu hamil pasti mengalami pembengkakan di area kaki.

Penyebab utamanya tak lain karena adanya janin menghambat aliran darah dari jantung ke kaki. Oleh karena itu ganjalah kaki dengan bantal agar tidur kamu dengan si kecil di dalam perut semakin nyaman dan aman.

3. Bersandar

Terakhir yaitu posisi bersandar, yang mana bisa kamu lakukan ketika sedang duduk menikmati acara televisi atau sekadar beristirahat. Tak hanya itu, posisi bersandar juga bisa kamu jadikan alternatif gaya tidur jika posisi miring kurang nyaman.

Dapatkan posisi bersandar senyaman mungkin dengan meletakan beberapa bantal di bagian belakang punggung dan samping pinggang. Bila perlu gunakan bantal leher agar tidur semakin nyaman dan pernafasan tidak terganggu.

Demikian penjelasan mengenai posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang dianjurkan. Jika posisi yang dianjurkan di atas tidak bisa membantu, maka sebaiknya konsultasikanlah masalah tersebut ke dokter kandungan. 

Berita Terkait

Berita Terkini