Wanita

Bukan Kanker, Ini Empat Sebab Puting Payudara Sakit Setelah Haid

Salah satunya adalah akibat dari rangsangan seksual yang berlebihan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi puting payudara sakit. (suara)
Ilustrasi puting payudara sakit. (suara)

Himedik.com - Menjelang masa menstruasi wanita akan mengalami beragam gejala PMS seperti perut terasa nyeri, mood memburuk, hingga payudara terasa nyeri. Namun pada beberapa kasus, wanita juga mengalami nyeri pada bagian payudara hingga puting setelah menstruasi selesai.

Apa penyebabnya? Berikut telah dirangkum penyebab puting payudara terasa sakit dilansir dari laman hellosehat.

1. Alergi

Biasanya alergi ditandai dengan munculnya ruam pada kulit, gatal-gatal, hingga lecet. Beberapa produk perawatan tubuh yang dapat memicu reaksi iritasi pada puting dan menyebabkan nyeri di antaranya deterjen, sabun mandi, parfum, lotion, dan kain.

2. Infeksi

Iritasi puting baik karena luka gesekan, gatal, atau menyusui dapat berkembang menjadi infeksi jika tak diobati. Hal tersebut tentunya menyebabkan puting terasa sakit serta meningkatkan risiko infeksi jamur kulit.

Ilustrasi puting payudara sakit. (suara)
Ilustrasi puting payudara sakit. (shutterstock)

3. Rangsangan seksual yang berlebihan

Terkadang, rangsangan seksual yang berlebihan pada area payudara dapat menyebabkan puting terasa sakit karena terlalu sensitif. Umumnya ini hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya ketika rangsangan dihentikan.

4. Gesekan dengan bra

Ukuran bra yang tidak sesuai dengan ukuran payudara dapat menimbulkan gesekan antara puting dengan bahan kain selama beraktivitas. Sehingga dapat mengakibatkan iritasi yang membuat puting terasa nyeri.

Itulah penyebab puting payudara sakit meskipun sudah selesai menstruasi. Jadi tidak perlu khawatir ya ladies, sakit pada bagian payudara tidak melulu kanker kok.

Berita Terkini