Wanita

Tiga Makanan Wajib Bagi Kamu yang Sudah Menopause

Kamu wajib santap apel, cranberry, dan salmon.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Apel. (pixabay)
Apel. (pixabay)

Himedik.com - Semua wanita yang tidak memiliki gangguan medis tertentu, pasti memiliki sel telur dan mengalami menstruasi. Namun, seiring berjalannya waktu persediaan sel telur akan habis sehingga menstruasi berhenti. Kondisi ini disebut dengan istilah menopause.

Umumnya, wanita akan mengalami menopause saat umur 40 hingga 50 tahunan. Hal tersebut tentunya juga akan memengaruhi kondisi tubuh seperti miss V terasa kering, kesuburan menurun, kesulitan tidur di malam hari, gangguan suasana hati, hingga terjadi perubahan pada kulit.

Nah, supaya tubuh tetap bugar dan fit tiga makanan berikut wajib ada di menu makanan kamu yang sudah menopause.

1. Cranberry

Manjakan diri dengan ngemil cranberry setelah menopause boleh juga tuh. Buah kecil dan cerah ini mengandung banyak nutrisi. Cranberry mengandung senyawa proanthocyanin yang membantu mencegah bakteri menempel di dinding kandung kemih.

''Cranberry dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih (ISK), yaitu penyakit yang lebih sering menyerang sebagian wanita menopause karena perubahan hormonal,'' tutur Anne Danahy, RD, seorang ahli gizi dari Arizona.

Cranberry. (pixabay/eak_kkk)
Cranberry. (pixabay/eak_kkk)

2. Salmon

''Banyak wanita menopause mengeluhkan matanya merah, merasa jengkel, dan lelah, yang semuanya dapat dikaitkan dengan mata kering kronis,'' ungkap dokter mata, Renee Bovelle, MD.

''Makan makanan yang kaya asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Serta berbicaralah dengan dokter untuk mengetahui apakah pengobatan lanjutan dengan resep juga diperlukan,'' imbuhnya.

Salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik adalah ikan berlemak, seperti salmon, herring, mackerel, atau trout. Usahakan makan setidaknya dua porsi (3 ons) ikan berlemak setiap minggu.

3. Apel

Satu apel mentah berukuran sedang lengkap dengan kulitnya mengandung lebih dari 4 gram serat. Serat pektin yang ditemukan dalam apel juga membantu menurunkan trigliserida dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Tak hanya itu, menurut ahli kuliner Jennifer Cohen Katz, RD, LDN, konsumsi apel juga bisa meredakan peradangan yang bisa meningkat bagi sebagian wanita menopause.

Yuk, tetap tampil prima setelah menopause dengan bantuan tiga makanan di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini