Info

Lucu nih Ada Pisang Biru! Lalu Apa Manfaatnya?

Dikenal juga dengan pisang es krim karena rasanya mirip es krim rasa vanila.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Blue Java Banana. (reddit.com)
Blue Java Banana. (reddit.com)

Himedik.com - Selama ini pisang populer dengan warna kulitnya yang kuning ketika matang dan hijau saat masih mentah. Namun nyatanya ada juga pisang yang memiliki warna kulit biru. Adalah Blue Java Banana, pisang ini juga dikenal dengan sebutan pisang Hawaii, es krim pisang, dan cenizo.

Tak seperti rasa pisang pada umumnya, pisang Hawaii ini memiliki rasa seperti es krim vanila. Tumbuh mencapai ketinggian 4,5 hingga 6 meter, buah ini tahan angin dan cuaca dingin.

Namun, kamu perlu tahu nih guys. Meski warna kulitnya biru, itu akan berubah menjadi kuning pucat ketika sudah matang. Begitu pula dengan warna daging berwarna krem yang tak berbeda dengan warna daging pisang pada umumnya.

Blue Java Banana. (DK Vine)
Blue Java Banana. (dkvine.com)

Lalu apa sih manfaat buah pisang Hawaii?

Belum ada penelitian yang menjelaskan manfaat Blue Java Banana. Namun, tentunya khasiatnya tak jauh berbeda dengan pisang kuning.

Seperti yang telah diketahui pisang mengandung serat yang dapat membuat kenyang lebih lama, sehingga kamu yang sedang diet akan sangat tertolong dengan konsumsi pisang.

Pisang yang belum matang merupakan sumber pati resisten yang merupakan makanan bagi bakteri baik di usus besar. Hasilnya, kerja sistem pencernaan meningkat sekaligus kesehatan pencernaan juga turut terjaga.

Sebenarnya banyak sekali manfaat pisang untuk kesehatan terutama pencernaan. Namun, cara pengolahan yang kurang baik dapat menghilangkan khasiatnya. Jadi sebaiknya konsumsi buah pisang dalam keadaan segar ya!

Berita Terkait

Berita Terkini