Info

Wow, Lima Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bantu Cegah Pilek dan Flu

Salah satunya sering menggunakan hand sanitizer.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Tombol lift. (pixabay/jolimaison)
Tombol lift. (pixabay/jolimaison)

Himedik.com - Sebuah langkah besar dimulai dari langkah kecil. Begitu pula dengan pencegahan penyakit seperti pilek dan flu. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal yang sepele sekalipun.

1. Menggunakan sanitizer

''Hand sanitizer telah berkembang semakin baik dalam beberapa tahun terakhir,'' ungkap Charles Gerba, PhD, ahli kuman dan biologi lingkungan di Universitas Arizona. Namun, carilah yang mengandung 60% alkohol, karena itu jumlah yang dibutuhkan untuk membunuh kuman.

Cukup gunakan sekali atau dua kali setiap hari, terutama setelah menggunakan transportasi umum, pulang, atau sebelum makan (jika tidak menemukan air untuk mencuci tangan).

2. Matikan faucet dengan handuk atau tisu

''Pegangan faucet merupakan tempat yang paling terkontaminasi di kamar mandi,'' tutur Gerba. Selain faucet, kamu juga bisa menggunakan handuk yang sama untuk membuka pintu toilet.

3. Jangan gunakan pengering tangan

Studi menemukan bahwa pengering tangan menyebarkan kuman 1.300 kali lebih banyak daripada handuk kertas. Lebih baik keringkan tangan dengan tisu atau biarkan kering dengan sendirinya.

Pengering tangan. (pixabay)
Pengering tangan. (pixabay)

4. Menyentuh tombol lift dengan punggung jari atau lengan

Bayangkan saat semua jari tangan menyentuh tombol lift tanpa tahu aktivitas apa yang sebelumnya mereka lakukan. Apakah ada jaminan tangan mereka bersih?

''Tombol lift yang disentuh semua orang, bisa sangat kotor,'' kata Gerba.

5. Jauhkan tangan dari wajah

Menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak bisa dijamin kebersihannya dapat meningkatkan risiko terserang penyakit termasuk flu dan pilek. Dan tanpa disadari, mungkin banyak orang yang telah melakukannya. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa rata-rata orang dewasa menyentuh wajah mereka sekitar 16 kali per jam.

Wah, kalau kamu disuruh seperti itu kira-kira bisa tidak?

Berita Terkait

Berita Terkini