Info

Selain Makanan, Kondisi Berikut Juga Sebabkan Sendawa

Waspada, sendawa bisa jadi tanda tubuh sedang bermasalah.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sendawa. (pixabay/derneuemann)
Ilustrasi sendawa. (pixabay/derneuemann)

Himedik.com - Bersendawa setelah makan merupakan hal wajar dan tak perlu dirisaukan. Begitu pula dengan minum minuman bersoda. Kandungan karbondioksida di dalamnya akan menghasilkan gas di perut dan keluar dalam bentuk sendawa.

Namun, kamu perlu waspada karena beberapa kondisi serius berikut juga ditandai dengan sendawa lho.

1. Maag

Terkadang, bersendawa dapat menjadi pertanda sakit maag. Penderita maag umumnya merasa kembung atau bahkan sakit perut setelah mengonsumsi makanan terutama makanan berlemak.

2. Refluks Asam

Sama seperti halnya maag, refluks asam juga akan menyebabkan seseorang bersendawa. Refluks asam merupakan kondisi di mana cairan asam lambung naik ke kerongkongan, yang dapat menyebabkan rasa terbakar di dada atau gejala lainnya termasuk sendawa.

3. Intoleransi laktosa

Penderita dengan gangguan ini, tidak dapat sepenuhnya mencerna makanan yang mengandung susu. Sebaliknya, akan terjadi fermentasi laktosa di perut. Akibatnya, gas hasil fermentasi akan membuat kamu bersendawa dan perut terasa sakit.

Susu sumber vitamin D. (pixabay)
Susu. (pixabay)

4. Asma

Ketika saluran pernapasan meradang, maka tubuh harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan udara yang cukup ke paru-paru . Secara bersamaan, hal itu juga memberi tekanan ekstra pada diafragma. Kedua perubahan tersebut dapat memaksa udara masuk ke tenggorokan dan membuat bersendawa.

Jadi, tak hanya makanan ya, sendawa juga menjadi salah satu tanda tubuh sedang mengalami kondisi yang serius.

Berita Terkait

Berita Terkini