Wanita

Mau Rambut Cantik dan Sehat? Yuk, Konsumsi 5 Makanan Berikut

Jambu dan bayam merupakan makanan sehat untuk keindahan rambutmu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi rambut sehat. (pixabay)
Ilustrasi rambut sehat. (pixabay)

Himedik.com - Rambut adalah mahkota wanita dan semua wanita menginginkan rambutnya sehat. Sayangnya, sebagian wanita kerap mengalami masalah rambut seperti rontok, rusak, dan kusam.

Jangan hanya pergi ke salon atau ganti sampo. Rambut sehat juga pengaruhi oleh makanan. Berikut adalah beberapa makanan sehat untuk rambut indahmu.

1. Salmon untuk rambut berkilau

Kalau kamu punya masalah rambut kusam, sebaiknya perbanyak konsumsi salmon. Ikan seperti salmon, sarden, dan makarel mengandung asam lemak omega-3.

Selain membantu melindungi tubuh dari penyakit, asam lemak omega-3 juga berperan dalam menumbuhkan rambut dan membuatnya berkilau.

2. Rambut tebal dengan greek yoghurt

Greek yoghurt mengandung asam pantotenat yang dapat memperlancar aliran darah ke kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Senyawa yang juga disebut sebagai vitamin B5 ini bahkan dapat membantu melawan penipisan dan kerontokan rambut.

Ilustrasi greek yoghurt. (pixabay)
Ilustrasi greek yoghurt. (pixabay)

3. Bayam untuk mengatasi rambut mudah patah

Seperti halnya sayuran berdaun hijau gelap lainnya, bayam penuh dengan nutrisi yang luar biasa. Di antaranya vitamin A, zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C.

Semuanya berperan dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Bayam juga bermanfaat menjaga kelembapan rambut supaya tidak mudah patah.

Sayur bayam (pexels)
Sayur bayam (pexels)

4. Jambu biji untuk mencegah kerusakan

Buah tropis ini mengandung vitamin C yang mampu melindungi rambut dari kerusakan. Satu cangkir jambu biji mengandung sebanyak 377 miligram vitamin C, dan itu empat kali lebih banyak dari jumlah asupan harian.

5. Sereal untuk mencegah kerontokan

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok. Namun, tak perlu khawatir sereal kaya akan zat besi yang dapat membantumu terlepas dari rambut rontok.

Itu dia girls, 5 makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk rambut cantik dan sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini