Wanita

7 Tanda Peringatan Dini Kanker Perut yang Harus Diwaspadai Wanita

Wanita wajib tahu!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi perut kembung. (iStock)
Ilustrasi perut kembung. (iStock)

Himedik.com - Kanker perut atau yang sering disebut gastrik merupakan pertumbuhan jaringan yang tidak normal dalam perut. Menurut American Cancer Society, setiap wanita memiliki peluang untuk mengalami kanker ini.

Dilansir dari womenshealthmag, berikut beberapa tanda peringatan dini kanker perut yang harus kamu perhatikan.

1. Adanya bercak darah

Allyson Ocean, MD, seorang ahli onkologi gastrointestinal di Weill Cornell Medicine dan New York Presbyterian mengatakan kanker perut terkait dengan peradangan.

2. Sakit perut sepanjang waktu

Sakit perut ini biasanya dirasakan tepat di bawah tulang rusuk. Rasa sakit seperti itu bisa disebabkan oleh pertumbuhan massa kanker di suatu tempat di perut.

3. Selera makan hilang

Ocean mengatakan jika kamu yang awalnya suka makan namun lama kelamaan selera makan menurun bahkan hilang berarti kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Sakit maag yang parah

Jika kamu merasakan sensasi seperti terbakar, rasa mual, atau bahkan nyeri di dada dan bahkan telah mengonsumsi antasi selama berminggu-minggu segera dapatkan pemeriksaan secepatnya.

5. Berat badan turun

Jangan mengabaikan jika kamu tidak olahraga dan juga tidak melakukan program diet namun berat badan mengalami penurunan. Bisa jadi kamu mengalami kanker perut.

6. Sulit menelan

Tumor perut bisa menjalar ke kerongkongan sehingga bisa membuatmu sulit menelan. Menurut American College of Gastroenterology (ACG), ini biasanya berupa batuk atau tersedak saat makan atau minum.

7. Cepat merasa kenyang

Rasa kenyang di awal makan terjadi ketika otot perut tidak bisa lagi mendorong makanan melalui usus dengan benar.

Ini disebabkan oleh tumor yang disebut gastroparesis, yang terjadi ketika seseorang memiliki sensasi bahwa ada sesuatu yang menghalangi perut.

Beberapa peringatan dini di atas harap jangan kamu abaikan. Jika kamu memiliki satu atau lebih tanda di atas, segera konsultasi ke dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini