Wanita

Tujuh Langkah Ringankan Beban Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Ajak anak dan pasangan terlibat.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi ibu rumah tangga. (pixabay/tumisu)
ilustrasi ibu rumah tangga. (pixabay/tumisu)

Himedik.com - Menurut survei menjadi seorang ibu berarti memiliki pekerjaan penuh waktu atau mungkin lebih. Survei yang dilakukan oleh Welch tahun lalu, menunjukkan bahwa rata-rata ibu bekerja selama 98 jam seminggu.

Meskipun tak ada rincian persis bagaimana survei itu dilakukan, temuannya bukanlah berita khusus bagi kebanyakan ibu. Daftar tugas terus bertambah dan waktu untuk perawatan diri terus menyusut.

Meski terkesan aneh, itu bisa menjadi bentuk kehormatan untuk membuktikan bahwa seorang ibu dapat melakukan semuanya sekaligus. Namun seiring berjalannya waktu, itu membuat kelelahan, depresi, dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Dan cara terbaik untuk mengurus keluarga adalah meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri. Berikut langkahnya.

1. Ajak anak-anak terlibat

Ada begitu banyak tugas yang dapat dibantu oleh anak-anak. Mulai dari mencuci piring, menjemur atau mengangkat pakaian kering.

Tidak hanya meringankan sedikit beban, tetapi mengajak anak terlibat secara otomatis juga mengajarkan mereka untuk menjadi bagian produktif dari rumah tangga.

2. Ajaklah pasangan terlibat

Ibu biasanya adalah orang-orang yang menyimpan daftar acara sekolah, janji temu dokter, dan presentasi pekerjaan yang perlu dilakukan, tetapi kamu tidak harus menjadi satu-satunya yang melakukannya untuk keluarga.

Meskipun kadang-kadang mungkin tampak lebih mudah untuk melakukannya sendiri daripada meluangkan waktu untuk menjelaskan semuanya atau berbagi beban. Mencoba menuliskan jadwal mingguan dan mendelegasikan beberapa tanggung jawab kepada pasangan atau anggota keluarga lain juga tak masalah.

Ilustrasi mengajak pasangan terlibat membersihkan rumah. (pixabay/pascalhelmer)
Ilustrasi mengajak pasangan terlibat membersihkan rumah. (pixabay/pascalhelmer)

 

3. Beri diri sendiri waktu istirahat

Survei mengungkapkan bahwa ibu rumah tangga hanya memiliki rata-rata 1 jam 7 menit waktu untuk diri mereka sendiri setiap harinya. Itu bukan waktu yang banyak, tetapi sedikit waktu tambahan dapat membantu.

4. Cukup makan

Memastikan anak-anak makan makanan sehat bukan satu-satunya yang harus dilakukan, tapi diri sendiri juga perlu. Bawalah satu untuk diri sendiri dan luangkan waktu selama 15-20 menit untuk benar-benar memakannya.

5. Tidur

Atur waktu tidur untuk diri sendiri setidaknya selama 6-7 jam.

6. Bernapas

Setiap satu jam sekali, berjalanlah selama 2 menit sambil menarik napas dalam-dalam.

7. Me time

Rencanakan waktu me time secara teratur. Bukan hanya hal-hal yang menyehatkan seperti pijat, spa, olahraga, tetapi juga aktivitas yang dapat meredakan stres.

Intinya menjadi seorang ibu bukan berarti kita harus mengorbankan kehidupan untuk keluarga. Memang tidak salah, tapi selalu ingat bahwa kita perlu mencari waktu untuk mengurus diri kita sendiri juga.

Berita Terkait

Berita Terkini