Wanita

Benarkah Konsumsi Kacang Hijau Bikin ASI Melimpah?

Kacang hijau kaya protein dan mengandung vitamin B1 yang baik untuk ibu menyusui.

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kacang hijau. (pixabay)
Kacang hijau. (pixabay)

Himedik.com - Selama masa kehamilan kecukupan nutrisi ibu harus diperhatikan karena akan berpengaruh pada kesehatan janinnya. Maka dari itu ibu hamil harus banyak makan makanan bergizi tinggi.

Tak heran, selama hamil hingga usai melahirkan sang ibu mengalami kenaikan berat badan. Namun, banyak orang menyarankan ibu hamil untuk rajin makan kacang hijau karena katanya kacang hijau membantu produksi ASI, apakah benar?

Kacang hijau memang kaya protein. Selain itu makanan ini juga mengandung beragam nutrisi penting. Di antaranya zat besi, vitamin B1, fosfor, kalium, mangan, magnesium, dan zat besi.

Kacang hijau juga merupakan sumber asam folat dan sama sekali tidak mengandung kolesterol. Mengenai kaitannya dapat membuat ASI melimpah sepertinya kurang tepat.

Kacang hijau. (pixabay)
Kacang hijau. (pixabay)

 

Hanya saja kacang hijau sangat baik untuk sumber protein nabati dan kandungan vitamin B1 di dalamnya mengubah karbohidrat yang masuk dalam tubuh menjadi energi. Hal itu bagus untuk ibu menyusui karena menyusui membutuhkan energi yang lebih besar bahkan dibandingkan saat masa kehamilan.

Apabila ibu menyusui (busui) kekurangan vitamin B1, maka busui akan menjadi mudah tersinggung, susah fokus, hingga kurang bersemangat. Padahal jika suasana hati ibu baik, hal itu akan memicu hormon oksitosin untuk memproduksi ASI.

Jadi kesimpulannya, makan kacang hijau secara tidak langsung dapat membantu menghasilkan lebih banyak ASI.

Berita Terkait

Berita Terkini